Contoh sajak dalam ...
 

Contoh sajak dalam puisi bahasa Inggris


Posts: 28
Topic starter
Joined: 3 years ago

Pernah baca puisi dalam Bahasa Inggris?. Jika pernah pasti ada ciri unik dari puisi yang biasanya muncul di akhir kalimat. Setiap akhir kalimat pada sebuah puisi biasanya mempunyai akhiran bunyi yang sama. Banyak sekali kumpulan kosakata Bahasa Inggris a-z dan arti lengkap yang bisa kamu gunakan baik kata kerja (verb), kata sifat (adjective) atau kata benda (noun) yang mengandung rima.

Contoh kata yang mempunyai rima yang sama dalam Bahasa Inggris adalah sebagai berikut.

  • Good (bagus) = Wood (kayu) = Hood (kerudung kepala).
  • Happy (senang) = Nappy (pokok) = creepy (menyeramkan).
  • Sweet (manis) = meat (daging) = feet (kaki jamak).

Itulah yang dinamakan rima atau rhyme dalam Bahasa Inggris. Rima bukan ciri wajib yang harus ada di setiap kalimat pada puisi namun puisi pasti punya rima. Puisi yang mempunyai rima yang sama akan lebih menarik untuk dibaca dan didengar.

Penggunaaan rima dalam puisi juga memberikan sebuah makna atau pesan yang ingin disampaikan penulis. Untuk memberikan sajak pada puisi minimal ada dua kalimat. Untuk membuat puisi yang berima kita juga perlu memperhatikan penulisan grammar yang tepat agar pesan yang ingin disampaikan dapat dipahami pembaca.

Sajak sering ditemukan pada lagu-lagu atau puisi pendek. Berikut adalah beberapa contoh sajak dalam Bahasa Inggris beserta arti dan pesan yang ingin disampaikan dalam puisi.

Puisi 1

When you have a failure (Ketika kamu gagal)

Don’t be terribly insecure (Jangan terlalu gelisah)

Cause it makes you grow up to be mature (Karena itu membuatmu tumbuh menjadi dewasa)

Kata yang mempunyai rima sama pada contoh puisi di atas yaitu failure, insecure, dan mature. Kalimat puisi yang mempunyai rima akan terlihat menarik. Puisi di atas ingin menyampaikan pesan kepada pembaca agar tidak mudah putus asa saat mengalami kegagalan, karna itu justru akan membuat kita lebih dewasa dan lebih kuat untuk menghadapi setiap masalah dan kegagalan.

Puisi 2

Dream as if you will be everlasting (Bermimpilah seolah-olah kamu akan hidup selamanya)

Pray as if your death is suddenly coming (Beribadahlah seolah-olah kematianmu datang kapan saja)

Seperti yang dijelaskan di atas sajak yang berima minimal terdiri dari dua kalimat. Pada contoh di atas dua kata yang berada di akhir kalimat adalah everlasting dan coming. Pesan yang ingin disampaikan adalah kita harus semangat untuk meraih cita-cita seolah-olah kita hidup selamanya namun juga tidak lupa beribadah karena sewaktu-waktu bisa saja kematian datang, jadi antara cita-cita dan doa atau ibadah harus saling melengkapi.

Puisi 3

She is the first person who surely gives her soul to you (Dia adalah orang pertama yang pasti rela memberikan nyawanya untukmu)

She is the one who prays nights to nights for you (Dia, satu-satunya orang yang mendoakanmu setiap saat)

She is the one who tries the best efforts for you (Dia, satu-satunya orang yang memberikan usaha-usaha terbaiknya untukmu)

She is your mom, who always loves you (Dia, ibumu, yang selalu mencintaimu)

Pada puisi di atas kata yang berima sama adalah you. Ini menunjukkan bahwa penulis ingin memberikan penekanan bahwa pembaca harus memahami bagaimana seorang ibu yang mencintai anaknya, maka pembaca harus menghargai jasa ibu yang dengan seluruh tenaga dan usahanya mendidik, merawat dan mendoakan anak-anaknya.

Puisi 4

If books are the window of the world (Jika buku adalah jendela dunia)

Pens are the straps of words (Pena adalah pengikat kata)

Science is the soul of the world (Ilmu adalah jiwa dunia)

Hence, share it, will build a better world (Maka menyebarkannya akan membangun dunia yang lebih baik)

It is such a best sincerity effort (Itu sungguh sebuah usaha paling mulia)

Pada puisi di atas, kata yang mempunyai rima sama adalah worlds, words, dan effort yang ada pada setiap akhir kalimat. Pesan yang ingin disampaikan adalah bahwa buku dan ilmu pengetahuan sangat penting, maka jangan pernah menyerah untuk menuntut ilmu dan mengajarkan kembali kepada orang-orang, karena itu akan membuat kehidupan dunia lebih baik.

Topic tags