20 contoh kalimat b...
 

20 contoh kalimat bahasa Inggris menggunakan 'either' dan 'neither'

0 Posts
1 Users
0 Likes
1,221 Views
rahma
Posts: 74
Topic starter
(@rahma)
Member
Joined: 5 years ago

Bagaimana contoh kalimat bahasa Inggris menggunakan 'either' dan 'neither'?

Kata either dan neither memiliki beberapa fungsi, antara lain sebagai adverb, determiner, pronoun, dan conjunction. Arti kata either dan neither bervariasi berdasar fungsinya. Berikut ini adalah aturan penggunaan kata either dan neither dalam kalimat sesuai dengan fungsinya.

Sebagai Adverb

Pada fungsi ini, kata either dan neither dipakai dalam kalimat yang kita kenal sebagai elliptical sentence dalam bentuk negatif. Kata either dan neither berlaku sebagai linking words yang menggabungkan dua kalimat negatif yang semisal. Kata either digunakan dalam bentuk negatif dan kata neither digunakan dalam bentuk positif dengan makna negatif.

Contoh

  1. Joanna is not busy and Marry is not either. (Joanna tidak sibuk dan Marry juga tidak)
  2. Jonna is not busy and neither is Marry. (Jonna tidak sibuk dan tidak juga Marry)
  3. Aunt Jane does not like spicy food and Uncle Ben does not either. (Bibi Jane tidak menyukai makanan pedas dan Paman Ben juga tidak)
  4. Aunt Jane does not like spicy food and neither does Uncle Ben. (Bibi Jane tidak menyukai makanan pedas dan tidak juga Paman Ben)
  5. I will not go to the theatre tonight. Jim won’t either. (Aku tidak akan pergi ke bioskop malam nanti. Jim pun tidak)
  6. I will not go to the theatre tonight. Neither will Jim.(Aku tidak akan pergi ke bioskop malam nanti. Tidak juga Jim)
  7. The doctor did not suggest him to take any heavy exercise. The therapist didn’t either. (Dokter tidak menyarankan dia untuk berolah raga berat. Terapis juga tidak)
  8. The doctor did not suggest him to take any heavy exercise. Neither did the therapist. (Dokter tidak menyarankan dia untuk berolah raga berat. Tidak juga terapis)

Sebagai Determiner

Ketika berfungsi sebagai determiner, posisi kata either dan neither adalah sebelum noun (kata benda). Pada fungsi ini, kata either dan neither digunakan dalam bentuk positif, hanya saja kata either memiliki makna positif, sementara kata neither memiliki makna negatif.

Contoh:

  1. Both directions will take you to Rome. You can take either way. (Kedua arah itu akan mengantarmu ke Roma. Kamu bisa mengambil salah satunya)
  2. Either method is possible to apply in this case. (Salah satu metode itu mungkin bisa diterapkan dalam kasus ini)
  3. I wonder why this shop accept neither plastic money. (Aku heran mengapa toko ini tidak menerima kartu kredit apa saja)
  4. Neither experts believe this new theory. It has not been proven. (Ahli mana pun tidak percaya teori baru ini. teori itu belum terbukti) 

Sebagai Pronoun

Kata either dan neither sebagai pronoun memerlukan tambahan kata of dan diikuti oleh noun (kata benda) atau noun phrase (frasa kata benda). Baik kata either maupun neither digunakan dalam bentuk positif, tetapi kata either memiliki makna positif, sementara kata neither memiliki makna negatif.

Contoh:

  1. You can take either of flight destination in this annual promotion. (Kamu bisa memilih tujuan penerbangan mana saja dalam promo tahunan ini)
  2. Either of you may follow me to get the peak. (Siapa pun dari kalian boleh ikut saya pergi ke puncak)
  3. John thinks that neither theories can work well. (John berpikir bahwa teori mana pun tidak akan berlaku)
  4. Neither of students like tests and assignments. (Siswa mana pun tidak suka tes dan tugas) 

Sebagai Conjunction

Kata either dan neither berlaku sebagai conjunction ketika menunjukkan sebuah pilihan. Ketika berfungsi sebagai conjunction, kata either neither digunakan secara berpasangan, yaitu either … or dan neither … nor. Kata either … or digunakan dalam kalimat yang bermakna positif dan kata neither… nor digunakan dalam kalimat positif dengan makna negatif.

Contoh:

  1. You can have either a cup of hot coffee or a glass of juice. (Kamu bisa minum secangkir kopi panas atau segelas jus)
  2. Either you or I was there when the accident happened. (Baik kamu atau aku berada di sana saat kecelakaan itu terjadi)
  3. I have neither idea nor suggestion to solve these complicated problems. (Saya tidak punya gagasan ataupun saran untuk menyelesaikan masalah yang rumit ini)
  4. Neither his parents nor his friends could tell him about this sad news. (Baik orang tuanya atau teman-temannya tidak bisa menceritakan berita meyedihkan ini)