Penjelasan lengkap ...
 

Penjelasan lengkap expressing wishes, aturan penggunaan, dan contohnya


Posts: 68
Topic starter
Joined: 3 years ago

Setiap manusia pasti memiliki suatu harapan, cita-cita atau keinginan. Namun tidak semua harapan tersebut menjadi kenyataan, ada yang berhasil dan ada yang tidak.

Dalam bahasa Inggris, verb "wish" adalah suatu kata kerja yang digunakan ketika seorang speaker atau pembicara menyatakan keinginkan atas realita yang berbeda. Wish termasuk dalam subjunctive.

Penggunaan dan Contoh Kalimat Expressing Wishes

Wish diikuti oleh simple past untuk menyatakan bahwa situasi yang diinginkan tidak mungkin terjadi pada saat ini (present), sedangkan wish diikuti past perfect untuk menyatakan tidak mungkin terjadi di masa lampau (past). Wish dapat pula diikuti past future (would/could+Verb1) untuk menyatakan keinginan seseorang untuk melakukan sesuatu secara berbeda. Berikut ini beberapa contoh kalimatnya:

Contoh Kalimat Expressing wishesFakta
wish(es) + simple past
I wish she were here. (Saya berharap dia disini.)but she isn’t … (Dia tidak disini.)
Wenny wishes Ari agreed with her opinion. (Wenny berharap Ari setuju dengan  pendapatnya.)but Ari doesn’t … (Ari tidak setuju.)
Raisa wishes she could drive a car. (Raisa berharap dia dapat menyetir mobil.)but Raisa can’t … (Raisa tidak dapat menyetir mobil.)
wish(es) + past perfect
Wira wishes he had finished the task before the deadline. (Wira berharap dia telah menyelesaikan tugas tersebut sebelum tenggat waktu.)but Wira didn’t … (Wira tidak menyelesaikan tugas tersebut sebelum …)
My brother wishes he could have owned a house when he was twenty-five years old. (Saudara saya berharap dia telah memiliki sebuah rumah ketika dia berumur dua puluh lima tahun.)but my brother couldn’t … (Saudara saya tidak memiliki rumah ketika …)
wish(es) + Future (would/could + verb1 atau was/were + present participle)
Defi wishes her friends would come to her house tomorrow. (Defi berharap teman-temannya datang ke rumahnya besok.)her friends might, but her friends might not come (teman-temannya mungkin datang tapi mungkin tidak datang)
The government wishes people were staying at home during the hurricane. (Pemerintah berharap  orang-orang sedang tinggal di rumah selama badai.)but people aren’t … (orang-orang tidak sedang tinggal dirumah)

Semoga tulisan ini bermanfaat.

Topic tags
1 Reply
Posts: 17
Joined: 1 year ago

Thank you very much 🙂

Reply