Perbedaan will, goi...
 

Perbedaan will, going to, dan would like to beserta contoh kalimatnya

1 Posts
1 Users
0 Likes
1 Views
naimah
Posts: 26
Topic starter
(@naimah)
Member
Joined: 5 months ago

Apa bedanya will, going to, dan would like to dalam bahasa Inggris dan bagaimana contoh penggunaannya dalam kalimat?

Will

Kata "will" biasanya digunakan untuk menyampaikan keinginan atau gagasan yang akan dilakukan (akan melakukan sesuatu) dengan sopan atau dalam bahasa resmi. Will merupakan bagian dari modals juga, yang merupakan sebuah kata kerja bantu atau Auxiliary verb. Penggunaannya cukup mudah, jika sudah ada kata "will" maka diikuti dengan V1 (Present).

Contoh kalimat:

will buy a new house in Greenland Next Year. (Saya akan membeli sebuah rumah di Greenland tahun depan)

Jika dilihat dari kalimat tersebut, bisa disimpulkan bahwa si subjek hanya menunjukan niat untuk membeli rumah di Greenland tahun depan atau hanya keinginan)

Going to

Di dalam sebuah percakapan atau conversation baik secara tertulis maupun berbicara penggunaan "going to" merujuk pada niat yang pasti akan terjadi. Dengan kata lain, ada niat yang telah direncanakan atau diputuskan secara pasti. 

Kata "going to" bisa juga digunakan untuk menyatakan gagasan atau ide bahwa dia memiliki niat untuk melakukan hal tersebut di masa depan (future). Bahkan, sekalipun rencana tersebut tidak realistis. 

Contoh kalimat:

I'm going to buy a new house in Greenland Next Year. (Saya akan membeli sebuah rumah di Greenland tahun depan)

Jika menggunakan kata “going to”, maka niat dari si subjek sudah berbeda yakni dia sudah mempersiapkan semua yang dibutuhkannya, seperti keuangan, lokasi, akomodasi, dan sebagainya. Dengan kata lain, penggunaan kata Going to menjadi sebuah persiapan yang terdengar lebih mantap dan meyakinkan. Tentu saja hal tersebut kemungkinan besar adalah nyata.

Notes: Sebelum kata "going to" kita perlu memperhatikan penggunaan auxiliary verb seperti (am, is, are, was, were). Hal ini dilihat dari apakah subjek merupakan tunggal atau jamak. Tentu saja degnan maksud agar grammar benar.

Would like to

Berbeda lagi dengan kata "would like to", kata ini merujuk atau menunjukkan sebuah niat dengan nada yang lebih formal. Wah, berarti kata ini merupakan cara mengatakan "ingin" dengan cara yang sangat sopan. Berikut ini merupakan contoh kalimat penggunaan kata would like to:

  • I would like to invite you to come to my birthday party this evening. (aku ingin mengundangmu ke pesta ulang tahunku sore hari ini)
  • Dear Deny, I would like to say congratulation you on your graduation. (Deni yang terhormat, saya ingin mengucapkan selamat atas kelulusanmu).
  • Would you like an iced tea? (Apakah kamu mau es teh? dengan bahasa yang formal)
  • Would you like to come to my rent house this monday? (maukah kamu datang ke rumah sewaanku senin ini? dengan bahasa yang lebih formal)

Disisi lain, penggunaan kata "would like to" sering digunakan dalam naskah pidato yang bersifat resmi dan umum. Karena penggunaan kata ini merujuk pada situasi dan kondisi yang sangat formal. Ketika menyampaikan ide dan opini secara publik, lebih baik menggunakan kata "Would like to". Misalnya:

  • I would like to share my opinion about this problems. (Saya akan membagikan opini saya terkait masalah-masalah ini)
  • I would like to present the presentation about this material. (Saya akan mempresentasikan presentasi tentang materi ini).

Itu tadi perbedaan will, going to, dan would like to beserta contoh kalimatnya.