Perbedaan wether, w...
 

Perbedaan wether, whether, dan weather beserta contoh kalimatnya

1 Posts
1 Users
0 Likes
1 Views
bonita
Posts: 56
Topic starter
(@bonita)
Member
Joined: 3 years ago

Apa bedanya wether, whether, dan weather serta bagaimana contoh kalimatnya?

Dalam bahasa Inggris ada banyak kata yang memiliki penulisan serta pengucapan yang hampir sama namun sebenarnya arti dan penggunaannya berbeda seperti kata life dan live, affect dan effect, ascent dan assent, dan masih banyak lagi. Pada kesempatan ini saya akan membahas mengenai perbedaan wether, whether, dan weather. Ketiga kata tersebut penulisan dan pengucapannya sekilas hampir sama, namun ternyata ketiganya sangat berbeda baik dari segi arti, pengucapan, dan penggunaannya. Berikut ini penjelasannya.

Penggunaan wether

Kata wether ini sebenarnya berasal dari bahasa Inggris kuno yang artinya kambing atau domba jantan. Selain berasal dari bahasa Inggris kuno, wether ini juga berasal dari bahasa Jerman kuno wethruz. Kata ini seringkali dikira kata ganti atau alternatif dari kedua kata weather ataupun whether. Walaupun pengucapannya mirip, sebenarnya artinya mempunyai arti dan pemakaiannya sendiri. Dalam bahasa Indonesia, wether berarti biri – biri jantan yang telah dikebiri. Sedangkan non – wether berarti biri biri jantan yang tak dikebiri. Kata wether amat jarang ditemui dan digunakan dalam bahasa Inggris dan percakapan sehari – hari kamu. Biasanya kata ini akan muncul di kalangan dokter hewan, peternak, dan dunia perhewanan. Tentu saja, kata wether ini berbeda dengan weather bahkan whether.

Contoh kalimat bahasa Inggris menggunakan kata wether:

  • My uncle always takes care his four wethers because they are suspected to a certain disease ( Pamanku selalu menjaga empat biri – biri jantannya karena mereka terkena penyakit tertentu )
  • Kevin bought three fat wethers in the animal market yesterday ( Kevin membeli tiga biri – biri jantan yang gemuk di pasar binatang kemarin )

Penggunaan whether

Whether adalah kata sambung ( conjunction ) yang sama dengan if. Fungsi dari kata ini untuk menggabungkan dua kata ataupun frasa. Whether biasanya digunakan dalam kalimat pertanyaan tak langsung. Conjunction ini dipakai untuk menjelaskan dua pilihan atau hal yang terlihat meragukan. Misalnya, kamu ragu mau bawa mantel atau tidak karena kamu tak tahu nanti akan hujan atau tidak.

Contoh kalimat bahasa Inggris menggunakan kata whether:

  • Rano wants to know whether an international conference is still on going ( Rano ingin tahu apakah konferensi internasional masih berlangsung )
  • I surely will buy the bag whether you agree or not ( Saya pasti akan membeli tas itu apakah kamu setuju atau tidak )

Frasa terkenal yang memakai whether adalah whether or not yang artinya tak memperhitungkan, tak peduli, dan mengesampingkan.

Contoh kalimatnya adalah I am going to Bali tomorrow whether or not you want to join me. ( Saya akan ke Bali besok tak peduli kamu akan ikut denganku atau tidak )

Penggunaan weather

Selain wether, weather juga memiliki pelafalan yang sama. Penggunaan wether, whether, dan weather sangat berbeda dalam kalimat bahasa Inggris. Weather merupakan kata benda ( noun ) yang berarti cuaca dan juga bisa sebagai kata kerja ( verb) yang berarti mempertahankan diri, bertahan dari hal buruk, dan juga sebagainya.

Contoh penggunaan kata weather dalam kalimat bahasa Inggris:

  • We saw the bad weather on television this morning. We should go home now ( Kita melihat cuaca buruk di televisi pagi ini. Kita seharusnya pulang ke rumah sekarang )
  • I shouldn’t give up to this challenge. Weather it and win the trophy ( Saya seharusnya tak menyerah terhadap tantangan ini. Bertahan dan menangkan trofi tersebut )

Under the weather merupakan suatu idiom yang berarti keadaan yang kurang baik, sakit, dan kurang bersemangat.

Itu tadi penjelasan seputar perbedaan wether, whether, dan weather beserta contoh kalimatnya.