...

Perbedaan grateful ...
 

Perbedaan grateful dan gratitude beserta contoh kalimatnya


Posts: 30
 cipto kusumo
Topic starter
Member
Joined: 4 years ago

Apa bedanya grateful dan gratitude serta bagaimana contoh penggunaan kedua kata tersebut dalam kalimat bahasa Inggris?

Sekilas kata grateful dan gratitude hampir sama penulisannya namun sebenarnya keduanya berbeda arti atau maknanya serta penggunaannya. Pada kesempatan ini saya akan membahasnya untuk Anda.

Arti grateful

Grateful adalah ungkapan rasa terima kasih yang mendalam atas kebaikan atau pemberian yang didapat dari orang lain. Kata grateful juga bisa digunakan ketika kita merasa bersyukur atas pemberian dari Tuhan. Grateful merupakan adjective atau kata sifat.

Contoh kalimat menggunakan kata grateful:

  • I’m grateful for your help all this time. (Aku berterima kasih atas bantuan kamu selama ini)
  • I’m really grateful to God for this life. (Aku sangat berterima kasih pada Tuhan atas hidup ini)
  • She sends a grateful present to him. (Dia mengirimkan hadiah tanda terima kasih kepadanya)

Grateful dapat juga digunakan untuk sesuatu yang menyenangkan dan menenangkan pikiran. Seperti sesuatu yang relaxing atau memberikan efek healing. Contohnya seperti yang dapat dilihat pada kalimat berikut:

  • I really like this cottage, and I got a grateful rest (Aku sangat suka penginapan ini, dan aku mendapat istirahat yang menangkan disini)
  • I feel a grateful breeze greets my face as soon as I got here. (Aku merasakan semilir angin yang menenangkan menyapa wajahku begitu aku tiba disini)
  • He always told about how that grateful chance changes his life forever. (Dia selalu menceritakan tentang bagaimana pengalaman menyenangkan itu mengubah hidupnya selamanya)

Kesalahan penulisan grateful

Hal lain yang perlu diketahui tentang grateful adalah kesalahan penulisan dari kata ini, yaitu greatful. Banyak orang yang menggunakan kata greatful dan mengira kata itu berarti serupa dengan grateful. Ada juga yang mengira bahwa greatful adalah gabungan dari kata grateful dengan great (hebat).

Padahal kata greatful merupakan kata yang salah, baik dari segi grammar maupun spelling. Jika ingin mengungkapkan rasa terima kasih yang besar, kita bisa menggunakan kata grateful saja. Atau jika ingin mengungkapkan sesuatu yang hebat, kita cukup menggunakan kata great saja.

Arti gratitude

Jika grateful adalah ungkapan rasa terima kasih, maka gratitude adalah rasa terima kasih itu sendiri. Gratitude juga dapat diartikan sebagai perasaan bersyukur yang mendalam kepada Tuhan. Selain itu, gratitude dapat digunakan untuk menyampaikan rasa penghargaan atas karya atau jasa orang lain.

Gratitude merupakan kata benda atau noun. Penggunaan kata ini akan berbeda dari grateful ketika diletakkan dalam kalimat. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada contoh berikut ini:

  • We remember with gratitude those who died defending our country. (Kami mengenang dengan penuh rasa terima kasih mereka yang gugur membela negara)
  • People give many kinds of present to him in gratitude. (Orang-orang memberikan banyak jenis hadiah untuk dia dengan rasa terima kasih)
  • I couldn’t go through the incident without your help. I owe you a debt of gratitude. (Aku tidak bisa melewati insiden itu tanpa bantuan kamu. Aku berhutang rasa terima kasih yang besar padamu)