Perbedaan gerund da...
 

Perbedaan gerund dan infinitives beserta contoh kalimatnya

1 Posts
1 Users
0 Likes
1 Views
Bella
Posts: 34
Topic starter
(@bella)
Member
Joined: 2 years ago

Apa perbedaan gerund dan infinitives serta bagaimana contoh penggunaannya dalam kalimat?

Pengertian gerund

Gerund adalah kata benda (noun) yang diserap dari kata kerja (verb), yang biasanya ditandai dengan tambahan –ing. Cara mengenali gerund dalam sebuah kalimat gampang kok, karena sama seperti noun pada umumnya, gerund bisa diletakkan di awal kalimat dan setelah verb (kata kerja).

Example:

  • Cleaning is Andrew’s hobby, that’s why he does it twice or even three times a day (Bersih-bersih adalah hobi Andrew, itulah kenapa dia melakukannya dua atau bahkan tiga kali sehari)
  • I don’t mind taking you to the airport now, I’m not busy (Aku tidak keberatan mengantarmu ke bandara sekarang, aku tidak sibuk)

Ada beberapa aturan gerund yang bisa kamu gunakan untuk mengenali/menggunakannya dalam kalimat, yaitu:

  • Gerund = noun; kamu bisa meletakkan gerund di tempat seharusnya noun berada (misalnya sebagai subject atau object kalimat).
  • Gerund # verb; meski bentuknya sama dengan verb-ing, gerund bukanlah verb. Jika kamu melihat verb-ing digunakan setelah to be dalam kalimat verbal, maka bisa dipastikan itu bukan gerund.

Tujuan gerund adalah memudahkan perangkaian kalimat; fungsi dasar gerund adalah mengubah kata kerja menjadi kata benda, sehingga bisa diletakkan di kalimat bagian mana pun. Kamu tidak boleh meletakkan kata kerja sembarangan dalam kalimat bahasa Inggris, tapi kamu bisa menggunakan gerund kapan pun kamu mau.

Tidak semua verb bisa diikuti gerund; Karena gerund adalah kata benda, maka ia bisa menjadi object verb. Akan tetapi tidak semua verb bisa diikuti oleh gerund.
 
Pengertian infinitives

Perbedaan gerund dan infinitive sebenarnya sangat jelas, karena keduanya berbeda peran. Gerund berperan sebagai noun, sedangkan infinitive adalah bentuk verb mentah yang belum ditambahin suffix/prefix mau pun dimasukkan ke dalam kalimat.

Hmmm…nggak usah memusingkan definisi infinitive ya, intinya infinitive itu nama lain dari verb, akan tetapi posisinya dalam kalimat sebagai object/kata bantu dari kalimat sebelumnya. Supaya lebih mudah memahaminya, simak penjelasan di bawah ini ya

To + Infinitive

To + infinitive adalah bentuk kombinasi verb yang paling sering digunakan dalam kalimat. Kombinasi ini biasanya digunakan untuk menambahkan keterangan peristiwa dalam sebuah kalimat.

Contoh kalimat:

  • I don’t want to watch the new episode of this series. (Saya tidak ingin menonton episode baru serial ini.)
  • I want you to help me to bring these glasses upstairs. (Saya ingin Anda membantu saya membawa kacamata ini ke atas.)
  • Would you mind if I ask you to take me home? (Apakah Anda keberatan jika saya meminta Anda untuk membawa saya pulang?)

Bare + Infinitive

Selanjutnya yang akan kita bahas dalam materi perbedaan gerund dan infinitive ini adalah bare infinitive.

Bare infinitive adalah verb yang tidak perlu didahului dengan “to”, ada beberapa kalimat yang termasuk sebagai bare infinitive.

Contoh kalimat:

  • I’m so hungry I could eat a horse. (Saya sangat lapar saya bisa makan kuda.)
  • Why don’t you ask me? Maybe I can help. (Mengapa Anda tidak bertanya kepada saya? Mungkin saya bisa membantu.)
  • She makes her boyfriend cries. (Dia membuat pacarnya menangis.)

Itu tadi penjelasan mengenai perbedaan gerund dan infinitives beserta contoh kalimatnya.