Perbedaan finish, e...
 

Perbedaan finish, end, dan over beserta contoh kalimatnya

1 Posts
1 Users
0 Likes
1 Views
halimah
Posts: 118
Topic starter
(@halimah)
Member
Joined: 5 years ago

Apa bedanya finish, end, dan over serta bagaimana contoh penggunaannya dalam kalimat.

Untuk mengatakan selesai atau berakhir, kita bisa menggunakan beberapa kata seperti finish, end, dan over. Namun penggunaannya berbeda. Berikut ini penjelasannya beserta dengan contoh kalimatnya:

Pengertian finish

Secara bahasa finish artinya menyelesaikan. Finish merupakan bentuk adverb (kata keterangan) dan finish digunakan untuk menyatakan bahwa sesuatu telah selesai atau berakhir dan tidak akan terjadi proses lagi dalam periode waktu tertentu.

Finish dapat digunakan pada intransitive verb (kata kerja kerja yang tidak diikuti objek) serta kalimat transitive verb (kata kerja yang memerlukan objek maupun noun.) Contohnya:

  1. Have you finished cleaning? (Apakah Anda sudah selesai membersihkan?)
  2. I finished work at five. (Saya selesai bekerja pada pukul lima.)
  3. You’ll never finish your homework if you keep watching youtube videos. (Anda tidak akan pernah menyelesaikan pekerjaan rumah jika terus menonton video youtube.)

Pengertian end

Secara bahasa end artinya akhir. End merupakan bentuk adverb (kata keteragan) dan end digunakan untuk menyatakan selesainya sesuatu namun kemungkinan terdapat proses lanjutannya lagi walau sudah dihentikan.

End dapat digunakan pada intransitive verb (kata kerja yang tidak diikuti objek) serta transitive verb (kata kerja yang memerlukan objek maupun noun.) Contohnya:

  1. This is the end of the story. (Ini adalah akhir dari ceritanya.)
  2. He ends the meeting at four. (Ia mengakhiri rapat pukul empat.)
  3. I’m at the end of my patience with these little brats. (Aku sudah sampai pada akhir kesabaranku menghadapi anak-anak nakal ini.)

Pengertian over

Secara bahasa over artinya selesai. Over merupakan bentuk adverb (kata keterangan) dan over digunakan untuk menyatakan selesai dan harus memulainya dari awal lagi jika ingin mengulang. Over dapat digunakan sebagai bentuk adjective (kata sifat) dan biasanya digunakan setelah kata verb to be. Contohnya:

  1. Can’t you stay? The party is not over yet. (Tak bisakah kau tinggal? Pestanya masih belum selesai.)
  2. Their marriage was over when Kate found out that Tom was having an affair. (Pernikahan mereka berakhir ketika Kate mengetahui bahwa Tom berselingkuh.)
  3. But their journey was almost over, for in a short time they reached a small cave from which there was no further outlet. (Namun perjalanan mereka hampir berakhir, karena mereka sampai di sebuah gua kecil yang tidak ada jalan keluarnya.)

Kesimpulan

Perbedaan Finish, End, dan Over

  1. Finish dan end sama-sama bisa berfungsi sebagai verb (kata kerja), tapi over tidak bisa.
  2. Finish dapat diikuti oleh bentuk -ing sedangkan end tidak walau sama sama dapat menjadi noun. Contohnya:
  3. They’ve finished playing those computer game bukan call me when you’ve ended writing.
  4. Ketika menggunakan kata end, dapat digantikan dengan over, sedangkan finish tidak. Contohnya:
    “This is the end of our conversation” dapat diganti menjadi “this conversation is over” namun tidak dapat dirubah menjadi “this is the finish of our conversation.”

itu tadi penjelasan tentang perbedaan finish, end, dan over, beserta dengan contoh penggunaannya dalam kalimat.

Topic tags