Perbedaan "desert" dan "dessert" beserta contoh penggunaannya dalam kalimat


Posts: 72
Topic starter
Trusted member
Joined: 4 years ago

Apa bedanya "desert" dan "dessert" dan bagaimana contoh penggunaan kedua kata tersebut dalam kalimat bahasa Inggris?

Kata "desert" dan "dessert" sekilas sangat mirip, hanya berbeda satu "s" saja pada penulisannya. Namun, bagaimana penjelasan tentang arti atau maknanya? Berikut ini saya jelaskan satu-persatu.

Pengertian desert

“Desert” tergolong ke dalam kelas kata noun (kata benda) sehingga kata ini penggunaannya sama seperti kata benda lainnya dalam bahasa Inggris.

“Desert” dalam bahasa Indonesia artinya adalah “gurun” atau “gurun pasir”. Berikut ini adalah beberapa contoh kalimat yang mengandung kata “desert”:

  • We got stranded in the middle of the desert in New Mexico because our car suddenly broke down. (Kami terdampar di tengah gurun pasir di New Mexico karena mobil kami tiba-tiba mogok.)
  • There used to be a small village in the middle of the desert. (Dulu ada desa kecil di tengah gurun pasir itu.)
  • The travelers encountered a bad sandstorm when they were in the desert. (Penjelajah mengalami badai pasir ganas ketika mereka berada di gurun.)

Pengertian dessert

“Dessert” tergolong ke dalam part of speech atau kelas kata noun (kata benda). Menurut Oxford English Dictionary, “dessert” adalah “the sweet course eaten at the end of a meal” (hidangan manis yang dimakan di akhir santapan). “Dessert” bisa diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia sebagai “makanan penutup”, “hidangan penutup”, “makanan pencuci mulut”, atau “pencuci mulut”.

Makanan yang bisa dikategorikan ke dalam dessert biasanya adalah makanan manis dengan ukuran dan porsi kecil, seperti kue, agar, puding, es krim, dan sebagainya. Tidak hanya makanan saja, kadang kala juga “dessert” dihidangkan dalam bentuk minuman, seperti sirup, susu kocok (milkshake), minuman keras, dessert wine, dan sebagainya.

Di bawah ini adalah beberapa contoh penggunaan kata “dessert” di dalam kalimat:

  • I don’t feel like eating the dessert now. (Saya tidak ingin makan pencuci mulutnya sekarang.)
  • They served some fruits and chocolate pudding as the desserts. (Mereka menyajikan buah-buahan dan puding cokelat sebagai makanan penutup.)
  • Monica is the queen of the dessert in our family because she is great at making dessert. (Monica adalah ratu makanan penutup di keluarga kami karena dia pandai dalam membuat makanan penutup.)

Itu tadi penjelasannya, semoga bermanfaat.

 

Topic tags