Pengertian, tujuan, dan struktur discussion text beserta contohnya


Posts: 16
Topic starter
Joined: 2 years ago

Apa yang dimaksud dengan discussion text? Apa tujuan, struktur, dan cirinya?

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai discussion text bahasa Inggris beserta contohnya. Mari kita bahas dengan mulai menjawab pertanyaan, apa itu discussion text?

A. Pengertian / Definisi Discussion Text

Discussion text adalah teks diskusi. Ya, dari namanya juga kita bisa menerka-nerka. Discussion text bisa dibilang seperti sebuah diskusi tertulis. Jadi bisa kita simpulkan pengertian dari Discussion Text adalah teks yang memaparkan debat atau perdebatan tentang suatu masalah atau topik yang didiskusikan dalam bentuk tulisan, yang dibahas dengan/dari sudut pandang yang berbeda. Nah, yang namanya diskusi kan ada yang pro dan kontranya. Begitulah gambaran dari Discussion Text ini. Contoh-contoh discussion text adalah tulisan filsafat, sejarah, sosial, dan lain-lain.

B. Tujuan Discussion Text

Discussion text ditulis dengan tujuan untuk menyajikan atau mempresentasikan sebuah isu atau informasi dalam bentuk tulisan, dengan memaparkan beberapa pendapat para ahli di bidang tertentu terkait dengan isu yang sedang didiskusikan. Seperti yang sudah dijelaskan diawal, dalam discussion text ini biasanya dipaparkan dari sisi pro dan kontranya, yang ujungnya nanti ditarik kesimpulan.

C. Generic Structure / Bentuk Struktur Umum Discussion Text

Generic structure dari Discussion text adalah:

Issue

Issue merupakan bagian pembuka pada discussion text, dimana berisi pemaparan tentang isu atau masalah yang diangkat atau akan dibahas di dalam tulisan tersebut. Biasanya issue ditulis sebanyak satu paragraf dan hanya menjelaskan masalah.

Argument For or Against

Bagian ini menjelaskan beberapa pandangan terhadap masalah atau isu yang sedang dibahas. Pandangan ini maksudnya pendapat dari beberapa para ahli, atau bisa juga menggunakan narasumber yang tidak mau dicantumkan namanya. Pendapat pada bagian ini juga tidak harus dari ahli jika hanya masalah sosial, bisa juga mencantumkan pendapat yang memang sudah umum diketahui. Biasanya, penulis discussion text alan menuliskan pendapat-pendapat yang pro (argument for) terlebih dahulu, baru diikuti dengan pendapat yang kontra atau berlawanan (argument against). Bagian ini bisa lebih dari satu paragraf, tergantung dengan masalah atau isu apa yang didiskusikan dan pendapat yang dikumpul penulis dari narasumber.

Elaboration

Pada bagian elaboration, penulis harus memberikan penjelasan tentang pendapat-pendapat yang telah dipaparkan pada bagian argument sebelumnya. Disini penulis menjelaskan lebih detail maksud dari pendapat yang dikutip pada bagian argument, baik yang pro maupun kontra. Lalu, setelah menjelaskannya, barulah penulis mengambil atau menentukan pendapat mana yang lebih cocok atau menurut penulis pantas untuk diikuti. Tak jarang pasa bagian ini juga ada sudut pandang penulis sendiri atas isu yang didiskusikan.

Conclusion

Bagian ini adalah kesimpulan dari keseluruhan discussion text. Isinya bisa berupa kesimpulan, rangkuman, atau saran dan rekomendasi yang disampaikan oleh penulis mengenai masalah atau solusi dari isu yang dibahas di dalam teks. Walaupun ada keberpihakan penulis terhadap pro dan kontra tentang isu tersebut, akan tetapi tidak begitu kental sekali, masih terasa sedikit netral. Akan tetapi, tetap saja, bagian conclusion ini bertujuan untuk menghimbau pembaca untuk ikut setuju dengan pendapat yang diambil penulisnya.

D. Ciri-Ciri Kebahasaan / Language Features Discussion Text

Ciri-ciri kebahasaan dalam discussion text adalah:

  • Tulisannya fokus kepada kategori orang-orang atau kalangan/golongan tertentu. Baik yang dibahas maupun tujuan atau sasaran pembacanya bukanlah masyarakat secara umum, melainkan kalangan orang yang mengerti tentang isu atau objek yang ada dalam isu yang sedang didiskusikan dalam tulisan. Contohnya, kalangan petani, kalangan anak muda yang mencari ketenaran di media sosial, kalangan yang mengerti tentang pendidikan dan sekolah, dan lain-lain.
  • Menggunakan konjungsi komparatif, atau kata sambung yang membandingkan hal yang berlawanan, seperti but, however, in contrary, in the other side, consequently, dan lain-lain.
  • Menggunakan kosakata atau frase yang menunjukkan pendapat, seperti, according to, in my opinion, …he said that…., dan lain-lain.
  • Menggunakan present tense. Kebanyakan kalimatnya menggunakan simple present tense, present continous tense pada kalimat-kalimat diskusi.
  • Menggunakan thinking verb seperti feel, think, hope, believe, dan lain-lain.
  • Menggunakan modals dan adverb of frequency, seperti must, always, rarely, dan lain-lain.

E. Contoh Discussion Text

Berikut ini contoh discussion text bahasa Inggris beserta terjemahannya:

School Uniform: Yes or No?

For most schools, uniforms are obligatory. Although it is a must-wear-clothes, some parents think this is jot important for some reasons. In contrary, some are still believe that uniforms are important for the students.

Some parents and student’s guardian think uniforms are not important because they think uniforms restrict their children’s freedom of expression. They think students cannot express themselves by wearing clothes that describe their own style. It is not only about style, the uniforms also do not make them feel comfortable. Some students admit they do not feel comfortable with summer uniforms that show too much skin. They prefer to wear loose shirts rather than summer uniforms. Some students also want to wear clothes that match their skin color because they feel embarrassed when their uniforms do not suit their skin color. The last thing is, uniforms cost a lot of money. Some schools have well-designed uniforms that cost a lot to buy. Not every parents can afford such an expensive uniforms for their children.

In the other hand, some parents believe that uniforms can make students more focus on their learning process. If students are free to wear any clothes they want, parents think some students will be more focus on fashion style or outfit of the day to go to school rather than their lesson in the classroom. School uniforms also show discipline and obidience to the school rules. Also, uniforms show the school identity and grade level with the emblems that attached to the uniform. The last reason why parents think uniforms are important is because uniforms do not distinct students by their social or economic statuses. If the students wear any clothes they want to wear, it will show who wear the expensive and branded clothes and accessories and who wear the cheap ones.

In summary, school uniforms are important for students. School are supposed to be a place for learning, so uniforms are one of solution to make students more focus on the lesson in the classroom. Also, by wearing uniforms, students will be treated equally. However, to cover all the disadvantage, the school should design a comfortable uniforms for students, with comfortable fabric to wear. Not only that, schools also should give relief to ones who cannot afford the total cost of school uniform, or provide it for free.

Terjemahan:

Seragam Sekolah: Ya atau Tidak?

Untuk sebagian besar sekolah, seragam adalah wajib. Meskipun ini adalah pakaian wajib, beberapa orang tua menganggap ini sangat penting karena beberapa alasan. Sebaliknya, sebagian masih menganggap seragam itu penting bagi siswa.

Beberapa orang tua dan wali siswa menganggap seragam tidak penting karena menurut mereka seragam membatasi kebebasan berekspresi anak-anak mereka. Menurut mereka siswa tidak dapat mengekspresikan diri dengan mengenakan pakaian yang menggambarkan gaya mereka sendiri. Bukan hanya soal gaya, seragam juga tidak membuat mereka merasa nyaman. Beberapa siswa mengaku merasa tidak nyaman dengan seragam musim panas yang terlalu banyak menonjolkan kulit. Mereka lebih suka memakai kemeja longgar daripada seragam musim panas. Beberapa siswa juga ingin mengenakan pakaian yang sesuai dengan warna kulitnya karena merasa malu bila seragamnya tidak sesuai dengan warna kulitnya. Hal terakhir adalah, seragam menghabiskan banyak uang. Beberapa sekolah memiliki seragam yang dirancang dengan baik dan harganya mahal. Tidak semua orang tua mampu membeli seragam mahal untuk anak-anak mereka.

Di sisi lain, sebagian orang tua percaya bahwa seragam dapat membuat siswa lebih fokus pada proses belajarnya. Jika siswa bebas mengenakan pakaian apa pun yang mereka inginkan, orang tua berpikir beberapa siswa akan lebih fokus pada gaya busana atau pakaian hari itu untuk pergi ke sekolah daripada pelajaran mereka di kelas. Seragam sekolah juga menunjukkan kedisiplinan dan kepatuhan terhadap peraturan sekolah. Selain itu, seragam menunjukkan identitas sekolah dan tingkat kelas dengan lambang yang melekat pada seragam tersebut. Alasan terakhir mengapa orang tua menganggap seragam itu penting adalah karena seragam tidak membedakan siswa berdasarkan status sosial atau ekonomi mereka. Apabila siswa mengenakan pakaian apa saja yang ingin dikenakan maka akan terlihat siapa yang memakai baju dan aksesoris mahal dan bermerek serta siapa yang memakai baju murah.

Singkatnya, seragam sekolah penting bagi siswa. Sekolah seharusnya menjadi tempat belajar, maka seragam merupakan salah satu solusi agar siswa lebih fokus pada pembelajaran di kelas. Selain itu, dengan berseragam, siswa akan diperlakukan sama. Namun, untuk menutupi semua kerugian tersebut, sekolah hendaknya merancang seragam yang nyaman untuk siswa, dengan bahan yang nyaman dipakai. Tidak hanya itu, sekolah juga harus memberikan bantuan kepada mereka yang tidak mampu membayar total biaya seragam sekolah, atau memberikannya secara gratis.

 

Topic tags
1 Reply
Posts: 7
Joined: 6 months ago

Thank you very much

Reply