Pengertian preposit...

Pengertian preposition of movement, macam, dan contoh penggunaannya dalam kalimat

1 Posts
1 Users
0 Likes
ChatGPT (versi GPT-4) Gratis, Tanpa Login Tanpa Daftar, 100% FREE to use, Unlimited
Tanya pertanyaan apapun

Bagikan:

Topic starter
(@sarwana)

Apa yang dimaksud dengan preposition of movement dan bagaimana contoh penggunaannya dalam kalimat bahasa Inggris?

Preposition atau kata depan memiliki banyak macam, salah satunya yaitu preposition of movement. Preposition of movement berbeda dengan preposition of time atau preposition of place, karena prepostion of movement lebih kepada menggambarkan gerakan subjek ataupun objek.

Pengertian Preposition of Movement

Preposition of movement is the preposition to identify the movement of subject or object from one place to another place. Jadi, Preposition of movement adalah suatu bentuk kata depan yang menggambarkan akan gerakan subjek atau objek pada kalimat bahasa Inggris.

Macam-Macam Preposition of Movement

1.AROUND (Mengelilingi)

• I know that this eart around the sun (aku tau kalau bumi ini mengelilingi matahari)
  • I see the people around our house (aku melihat orang-orang mengelilingi rumah kita)
  • They drive the car around the city (mereka naik mobil mengelilingi kota)

2.AWAY FROM (Menjauh)

• I do not like you and I want you to away from me (aku tidak menyukai mu dan aku ingin kamu menjauh dari ku)
  • Our relation will broke because I away from him (hubungan kami akan hancur karna aku menjauh darinya)
  • Please stay away from this place! it is dangerous (tolong menjauh dari tempat ini! berbahaya)

3.AWAY TO (Melaju)

• This car away to Surabaya, your city (mobil ini melaju menuju Surabaya, Kota mu)
  • I see the train away to the station so fast (aku melihat sebuah kereta melaju ke stasiun dengan cepat)
  • this motorcycle can not away to the destination place (motor ini tidak dapat melaju ke tempat tujuan)

4.Toward (Menuju)

• They see a man toward you (mereka melihat seorang lelaki menuju kamu)
  • wait for me! I will toward the cafe 5 minute again (tunggu aku! aku akan menuju cafe sekitar 5 menit lagi)
  • the plane has flied toward Indonesia from Japan (pesawat itu telah terbang menuju Indonesia dari Jepang)

5.TO (Untuk, Kepada)

• I will send this letter to you (aku akan mengirim surat ini pada mu)
  • please tell to him that I will come after the holiday (tolong katakan padanya bahwa aku datang setelah liburan)
  • my mother will cook a pudding to me (ibuku akan memasak puding untuk ku)

6.UP (Naik)

• We will invite you to up the stair (kami akan mengajak mu untuk naik tangga)
  • he sits in the up floor (dia duduk di lantai atas)
  • She falls when he walks in the up stair (dia terjatuh ketika dia berjalan di tangga atas)

7.DOWN (Menuruni/turun)

• They fall when down the hill (mereka jatuh ketika menuruni bukit)
  • I fall down from the stair when I sweep the floor (aku jatuh dari tangga ketika aku menyapu lantai)
  • Our mentality is down when we see our competitor (mental kita terjatuh ketika kita melihat pesaing kita)

8.INTO (menuju kedalam, masuk)

• They enter into my house (mereka masuk kedalam rumah ku)
  • Never come and enter into the building (jangan pernah datang dan masuk bangunan itu)
  • please add the sugar into my coffee (tolong tambahkan gula kedalam kopiku)

9.INSIDE (Batas, dalam)

• You never know the inside of someone’s heart (kamu tidak pernah tau dalam nya hati seseorang)
  • Come inside this room please! (tolong masuk ruangan)
  • Do you want to see the inside of my badroom? (kamu ingin melihat dalam nya ruangan ku?)

10.OUT OF  (keluar dari batas)

• the ball is out of the line (bola itu keluar garis)
  • this is out of my destiny (ini keluar dari batas takdirku)
  • your attitude is out of the norma (tingkahlaku mu keluar batas norma)