Jenis profesi dan pekerjaan yang memerlukan bahasa Inggris


Posts: 59
Topic starter
Joined: 1 year ago

Peran bahasa Inggris sebagai bahasa internasional sangat penting, terlebih jika kita ingin menjalin komunikasi dan relasi bisnis dengan orang yang berasal dari seluruh penjuru dunia. Maka penguasaan bahasa Inggris mutlak diperlukan untuk menunjang profesi seseorang. Berikut adalah beberapa jenis pekerjaan atau profesi yang memerlukan penguasaan bahasa Inggris yang baik:

1. Tour guide

Tugas tour guide adalah memberikan informasi mengenai objek wisata yang dikunjungi pada wisatawan, selain itu tugas lainnya adalah untuk membimbing dan mengarah wisatawan yang ikut dalam rombongan. Penguasaan bahasa Inggris diperlukan agar komunikasi dengan wisatawan asing dapat berlangsung dengan lancar tanpa adanya kesalahpahaman.

2. Pilot

Penggunaan bahasa Inggris sangat mutlak bagi pilot, sebab bahasa Inggris digunakan untuk berkomunikasi pilot selamat penerbangan dan juga bahasa Inggris digunakan di semua bandara di seluruh dunia. Buku manual mengenai pesawat juga sebagian besar ditulis dalam bahasa Inggris. Oleh karenanya sangat penting bagi pilot untuk memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik.

3. Pramugari

Pramugari penerbangan juga perlu kemampuan bahasa Inggris yang baik agar dapat berkomunikasi dengan penumpang pesawat dari berbagai negara.

4. Translator

Tugas translator adalah mengalih bahasakan suatu bahasa ke bahasa lainnya dengan makna yang sama persis dengan bahasa asalnya. Translator biasanya mengalihbahasakan buku, film, dan lain-lain. Oleh sebab itu memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik mutlak diperlukan bagi translator bahasa Inggris.

5. Wartawan atau Jurnalis

Untuk menggali dan mencari informasi dari berbagai macam sumber, maka kemampuan bahasa Inggris bagi wartawan dan jurnalis sangat diperlukan untuk mendukung profesi mereka dan memberikan informasi yang akurat pada masyarakat.

6. Dokter dan Perawat

Bagi dokter, sumber ilmu kedokteran, penelitian-penelitian serta perkembangan teknologi terbaru dunia kedokteran sebagian besar dalam bahasa Inggris, maka mempelajari bahasa Inggris sangat penting. Terlebih jika menangani pasien dari berbagai negara. Sama halnya dengan perawat, bahasa Inggris penting untuk berkomunikasi pada pasien yang berasal dari luar negeri.

7. Marketing

Untuk memasarkan produk ke luar negeri atau mancanegara, kemampuan bahasa Inggris sangat diperlukan untuk memasarkan produk dan menjalin relasi dengan klien dan perusahaan dari luar negeri.

8. Programmer

Seorang programmer sebaiknya memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik sebab sebagian besar tutorial mengenai dunia pemrograman ditulis dalam bahasa Inggris.


Selain profesi di atas masih banyak profesi lainnya yang menuntut untuk diperlukannya belajar bahasa Inggris. Oleh sebab itulah mengapa belajar bahasa Inggris itu sangat penting.