Contoh frasa bahasa...
 

Contoh frasa bahasa Inggris menggunakan kata "or" beserta contoh kalimatnya


Posts: 28
Topic starter
Joined: 2 years ago

Kata "or" merupakan kata yang sangat umum digunakan dalam bahasa Inggris. Kata "or" termasuk dalam salah satu conjunction (kata hubung) bahasa Inggris. Bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, "or" memiliki arti "atau".

Pada kesempatan ini saya akan memberikan contoh frasa bahasa Inggris yang menggunakan kata "or" beserta dengan contoh penggunaannya dalam kalimat. Apa saja contohnya?

Berikut ini adalah contoh frasa bahasa Inggris menggunakan kata "or" beserta contoh penggunaannya dalam kalimat:

or else

Frasa ini berarti “kalau tidak”. Menjelaskan adanya pilihan untuk diambil yang memiliki konsekuensi kalau tidak dilakukan. Kalimat pertama adalah hal yang harus dilakukan dan kalimat berikutnya adalah akibat yang ditulis dalam bentuk future tense.

Contoh kalimat:

  • Amanda must take the training or else she will not get the promotion ( Amanda harus mengambil pelatihan sekarang kalau tidak dia tidak akan mendapatkan promosi)
  • Dont wake up late or else the whole class will leave you behind. (Jangan bagun telat, kalau tidak seluruh kelas akan meninggalkanmu.)
  • You must do the test honestly, or else.(Awas kalau kamu tidak melakukan tes dengan jujur) – frasa “or else” disini sebagai ancaman.

or at least

Frasa ini juga menyatakan pilihan dengan opsi yang seminimal mungkin agar tidak memberatkan orang lain. Kalau di artikan dalam Bahasa Indonesia, frasa ini berarti “setidaknya.”

Contoh kalimatnya:

  • Dont spend too much money or at least put a limit on it. (Jangan habiskan terlalu banyak uang atau setidaknya taruh batasan pada kartu kreditmu).
  • I will treat you or at least buy you a cup of coffee (saya akan mentraktirmu atau setidaknya membelikanmu secangkir kopi)
  • Trevor is happy for a promotion or at least a raise (Trevor bahagia mendapatkan promosi atau setidaknya kenaikan gaji)

or so

Penggunaan kata “or” berikut digabungkan dengan kata “so” jadi frasa “or so”. Artinya dalam Bahasa Indonesia adalah kurang-lebih, kira-kira atau perkiraan. Artinya menyesuaikan dengan kalimatnya.

Contoh kalimat:

  • We have a break about an hour or so. (Kita ada istirahat kurang-lebih selama satu jam.)
  • The movie will start in two hour or so. (film akan mulai kira-kira dua jam lagi)
  • The training will last for a week or so. (pelatihan akan berlangsung perkiraan dua mingguan)

or something

Frasa ini dipakai untuk sesuatu yang memilipi kesamaan dengan hal lain walau belum pasti.

Contoh kalimat:

  • She should give a fruit basket or something when visiting a sick person. (dia seharusnya memberikan keranjang buah atau sejenisnya saat mengunjungi orang sakit)
  • The party will cost about 500 thousand dollar or something around that number (pesta akan memerlukan biaya 500 dollar atau angka sekitar nominal tersebut)
Topic tags