Cara mengatakan "ta...

Cara mengatakan "tapi" dalam bahasa Inggris selain dengan kata "but"

1 Posts
1 Users
0 Likes
ChatGPT (versi GPT-4) Gratis, Tanpa Login Tanpa Daftar, 100% FREE to use, Unlimited
Tanya pertanyaan apapun

Bagikan:

Topic starter
(@orlin)

Biasanya kalau kita ingin mengatakan "tapi; melainkan; meskipun demikian; walaupun begitu; rupanya; kecuali; hanya; cuma, yang tidak." dalam bahasa Inggris, maka kita akan menggunakan kata "but". Hal itu benar, namun untuk menambah perbendaharaan kosakata atau vocabulary bahasa Inggris, kita bisa menggunakan alternatif kata lainnya selain kata "but".

Masih banyak kata lain yang bisa kita gunakan untuk mengatakan kata-kata di atas tadi dalam bahasa Inggris. Berikut ini beberapa diantaranya beserta contoh penggunaannya dalam kalimat:

Although

Her mother gave plenty money, but she still asked for more allowance

Although her mother gave plenty money, she still asked for more allowance

(Meskipun ibunya sudah memberi uang banyak, dia tetap minta uang jajan lebih)

In contrast

She wants to paint the house in white, but her husband wants it to be black

She wants to paint the house in white; in contrast, her husband wants it to be black

(Dia mau rumahnya dicat warna putih, sebaliknya suaminya ingin dicat warna hitam)

However

The house will look better with a small garden, but she’s so busy and didn’t have the time to make one

The house will look better with a small garden, however she’s so busy and didn’t have the time to make one

(Rumah itu akan terlihat lebih bagus dengan kebun kecil, meski begitu dia terlalu sibuk dan tidak punya waktu untuk membuatnya)

Alternatively

You can’t bring cellphone inside, but you can ask the committee to take a picture for you

You can’t bring cellphone inside; alternatively, you can ask the committee to take a picture for you

(Kamu tidak boleh membawa HP ke dalam, sebagai gantinya kamu bisa minta tolong panitia untuk memotret kamu)

Only

Math exam is not really a problem for me, but don’t expect me to get a full score without studying it

Math exam is not really a problem for me, only don’t expect me to get a full score without studying it

(Ulangan Matematika tidak begitu masalah buatku, hanya saja jangan berharap aku dapat nilai sempurna tanpa belajar)

Though

I tried talking to her about her boyfriend’s affair, but she didn’t believe me

I tried talking to her about her boyfriend’s affair, she didn’t believe me though

(Aku sudah mencoba mengatakan dia soal pacarnya yang selingkuh, meski begitu dia tidak percaya aku)

Except

She asked for help here and there, no one cared but Hansel

She asked for help here and there, no one cared except Hansel

(Dia minta tolong kesana kemari, tidak ada yang peduli selain Hansel)

Whereas

She got the job on the first try, but I tried to apply many times and still failed

She got the job on the first try, whereas I tried to apply many times and still failed

(Dia dapat kerjaan pertama melamar, sedangkan aku udah coba melamar berkali-kali dan tetap gagal)

Still

He complained when his boss gave the task, but he’s doing it anyway

He complained when his boss gave the task, still he’s doing it anyway

(Dia protes sewaktu bosnya memberi tugas itu, tapi dia tetap mengerjakannya juga)

On the contrary

She wants to go to the mountain this holiday; but her boyfriend wants to go to the beach

She wants to go to the mountain this holiday; on the contrary, her boyfriend wants to go to the beach

(Dia mau pergi ke gunung liburan ini, sebaliknya pacarnya malah mau ke pantai)

Nevertheless

He said that he didn’t study for the exam, but he’s got a perfect score

He said that he didn’t study for the exam, nevertheless he’s got a perfect score

(Dia mengatakan dia tidak belajar untuk ujian, meski begitu dia dapat nilai sempurna)

Otherwise than

He got an E this semester, so he didn’t have a choice but study hard

He got an E this semester, so he didn’t have a choice otherwise than study hard

(Dia dapat E semester inim jadi dia tidak punya pilihan lain selain belajar yang rajin)

Yet

They said the winning probability for our team was low and it was hopeless, but we won the game

They said the winning probability for our team was low and it was hopeless, yet we won the game

(Mereka bilang kemungkinan menang untuk tim kita kecil dan itu nggak mungkin, meski begitu kita memenangkan pertandingan)

Except for

There is a great tutor that has always sent students to good college, the problem is she didn’t take student but the rich ones

There is a great tutor that has always sent students to good college, the problem is she didn’t take student except for the rich ones

(Ada tutor hebat yang selalu bisa mengirim muridnya ke kampus bagus, masalahnya adalah dia tidak mengajar murid kecuali anak orang kaya)

Topic tags