Aturan penggunaan huruf besar (capital letter) dalam bahasa Inggris


Posts: 43
Topic starter
Eminent member
Joined: 4 years ago

Penggunaan huruf besar atau capital letter dalam bahasa Inggris ditujukan untuk beberapa fungsi, diantaranya seperti untuk awal kalimat (sentence), direct speech (kalimat langsung), proper nouns, dan titles. Berikut ini penjelasannya:

Proper Noun

Noun yang menyebutkan orang tertentu seperti "The Queen Of England", kelompok orang "the French", tempat "the Lake District", sungai "the Mahakam", bangunan "Manchester Town Hall, lembaga "the White House", perusahaan "British Telecom", organisasi "the National Trust", festival "Easter; Diwali", negara "Indonesia; Japan", kota "Bandung; Jakarta, jalan "Sudirman Street", bulan dalam setahun "january; February", hari dalam seminggu "Sunday; Monday", gunung "Lawu; Merbabu", dan lain-lain diawali dengan capital letter, begitu juga dengan adjective yang dibentuk dari proper noun seperti "French, Shakespearean", dan sebagainya.

Title (Judul)

Judul buku, film, drama, program televisi, koran, majalah, lagu, dan sebagainya, diawali dengan capital letter. Huruf pertama pada judul selalu diawali capital letter; kata yang tidak penting dalam judul seperti "of, the, in, and, be, to" umumnya tidak diawali dengan capital letter, seperti contoh "Who wants to be a Millionaire?; Lord of the Flies". Penulisan gelar seseorang juga diawali dengan capital letter "Bachelor of Science; the Lord Chancellor".

Capital letter pada umumnya digunakan untuk hal-hal yang bersifat khusus, sedangkan huruf kecil digunakan untuk hal-hal yang bersifat khusus.

Perhatikan perbedaannya:

  • the Queen of England ; the king and quenens of Englang
  • South Africa ; We drove south
  • Edinburg University ; He had a university education
  • the Government ; government since 1945

Sekian semoga bermanfaat.

Topic tags