Arti idiom "rub som...
 

Arti idiom "rub something in" beserta contoh penggunaannya dalam kalimat

1 Posts
1 Users
0 Likes
1 Views
Nahla
Posts: 48
Topic starter
(@nahla)
Member
Joined: 3 years ago

Apa arti idiom 'rub something in' dan bagaimana contoh penggunaannya dalam kalimat?

Pasti kalian pernah mengalami suatu momen dimana ketika kalian kalah dalam suatu hal, maka pihak lawan (yang menang) akan mengulang-ngulang membahas kesalahan yang membuat Anda kalah atau mereka terus menerus membahas kemenangan mereka. Ada kata-kata atau frasa berupa idiom yang tepat untuk menggambarkan kejadian tersebut dalam bahasa Inggris yaitu "rub something in". Idiom "Rub something in" bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia maka arti atau maknanya adalah "membuat seseorang menjadi lebih memalukan dikarenakan kesalahan atau kekalahan atau membuat suatu kekalahan dan kesalahan yang dialami seseorang menjadi terlihat lebih buruk dengan terus-menerus membahasnya". Dalam bahasa Indonesia, idiom ini memiliki kesamaan dengan kata-kata "menggoreng terus menerus (terus membahas masalah yang sama berulang-ulang)".

Idiom ini berkonotasi negatif karena sifatnya yang "menjatuhkan" pihak lain dan cenderung seperti "menyombongkan diri". Namun idiom ini umum digunakan dalam percakapan bahasa Inggris sehari-hari, jadi sangat penting untuk diketahui.

Berikut ini contoh penggunaan idiom "rub something in" dalam kalimat bahasa Inggris:

  1. He really rubbed it in when he reminded me of my mistake. (Dia benar-benar menggorengnya terus menerus ketika dia mengingatkan saya akan kesalahan saya.)
  2. She was rubbing it in when she kept talking about her new car. (Dia membahasnya tanpa henti ketika dia terus berbicara tentang mobil barunya.)
  3. After winning the game, he was rubbing it in by constantly gloating to the opposing team. (Setelah memenangkan permainan, dia membahasnya dengan terus-menerus memuji tim lawan.)
  4. He was rubbing it in when he talked about how much money he makes. (Dia membahasnya terus ketika dia berbicara tentang berapa banyak uang yang dia hasilkan.)
  5. She was rubbing it in by constantly posting pictures of her vacation on social media. (Dia membahasnya dengan terus-menerus memposting foto liburannya di media sosial.)

Semoga bermanfaat.

Topic tags