Arti idiom "I dread to think" dan contoh penggunaannya dalam kalimat bahasa Inggris


Posts: 31
Topic starter
Joined: 3 years ago

Pernahkah Anda memikirkan sesuatu hal yang mungkin akan bisa berdampak atau berakibat buruk jika sesuatu itu terjadi, misalnya, kondisi perumahan Anda ada di dataran rendah dan Anda memikirkan apa yang akan terjadi jika musim hujan datang, kemungkinan besar rumah Anda akan kebanjiran dan itu pasti buruk akibatnya. Nah untuk mengungkapkan rasa takut itu kita bisa menggunakan idiom "I dried to think" yang jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti "Saya takut untuk berfikir".

Bagaimana contoh penggunaannya dalam kalimat bahasa Inggris?

Berikut ini saya buatkan contohnya untuk Anda:

  • I dread to think what would happen if there was a fire in this building. The emergency doors are all locked. (Aku takut untuk berfikir apa yang akan terjadi bila terjadi kebakaran di gedung ini. Semua pintu darurat terkunci.)
  • I dread to think what my father will say when he hears that I crashed his car. (Aku takut untuk berfikir apa yang akan dikatakan ayahku jika dia mendengar aku menabrakkan mobilnya.)

Idiom "I dread to think serupa dengan idiom "I hate to think" yang berarti "Aku benci untuk berfikir" seperti dalam kalimat berikut ini:

  • I hate to think how much money Mary owes the bank. (Aku benci untuk berfikir berapa banyak Mary berhutang uang di bank.)
  • I hate to think he will do better than me when I study a lot harder. (Aku benci untuk berfikir dia akan melakukan lebih baik daripada aku saat dia belajar lebih keras.)

Semoga bermanfaat.