Apa perbedaan tes TOEFL dengan IELTS?


Posts: 27
Topic starter
Eminent member
Joined: 4 years ago

Apa bedanya tes TOEFL dengan IELTS?

Berikut ini beberapa perbedaan tes TOEFL (Test of English as a Foreign Language) dengan tes IELTS (International English Language Testing System):

  • Tes TOEFL biasanya diterima pada Universitas yang berada di daerah Amerika Serikat dan Kanada. Sedangkan untuk tes IELTS diminta untuk Universitas yang ada di daerah Australia, Inggris, dan Selandia Baru. Namun saat ini banyak juga Universitas yang menerima kedua tes tersebut.
  • Biaya Test. Untuk biaya test yang harus dikeluarkan ada perbedaan. Untuk TOEFL, biaya sekali test adalah $175 sedangkan untuk IELTS adalah $195.
  • Mekanisme test. Biasanya test TOEFL yang dilakukan adalah test TOEFL IBT, yaitu perekaman semua jawaban tes dilakukan oleh system computer. Untuk test IELTS, semua jawaban dari soal yang disajikan dalam bentuk tulisan tangan Anda sendiri dan hasil tes listening akan dinilai langsung oleh tim juri.
  • Cara penilaian test. Test TOEFL ITB memiliki nilai maksimum 120 yang merupakan akumulasi dari semua sesi yang dilakukan. Setiap sesi tes memiliki nilai 30. Sedangkan untuk Test IELTS akan menilai di setiap sesi tes dengan rincian skor 0-9. Kemudian penetapan hasil tes akhir dengan system rata-rata nilai.
  • Jenis Bahasa Inggris. Pada TOEFL Test menggunakan jenis Bahasa Inggris Amerika. Sedangkan untuk IELTS menggunakan british Inggris. Kedua jenis bahasa Inggris tersebut relative mempunyai kesamaan. Perbedaannya hanya terletak pada ejaan dan beberapa idiom.
  • Kesusahan. Banyak orang yang bertanya test manakah yang lebih mudah. Sebenarnya, hal ini berdasarkan pendapar subjektof dan kedua test ini sebenarnya relative dalam tingkat kesusahan atau kesulitannya.
  • Durasi test. Test TOEFL memakan waktu sebanyak kira-kira 3 sampai 4 jam, sedangkan untuk test IELTS memakan waktu sebanyak kira-kira 2 sampai 3 jam dan 45 menit.
  • Sesi Reading. Reading pada TOEFL Test adalah dengan membaca sekitar 3-5 text dengan beberapa soal pilihan ganda.Sedangkan untuk IELTS dengan 3 bacaan text diikuti dengan soal campuran.
  • Sesi Writing. Pada sesi ini, Anda akan menuliskan dua jawaban pada setiap soal yang ada. Untuk test TOEFL, Anda diharuskan menulis kurang lebih 300-350 pada setiap topic. Sedangkan untuk test IELTS esai hanya perlu menuliskan kurang lebih 200-250 kata.
  • Sesi Speaking. Dalam test TOEFL Anda akan merekam jawaban Anda dari enam pertanyaan pendek disebuah computer.
  • Sesi Listening.Pada Sesi ini, Anda harus mencatat beberapa informasi penting yang disajikan dalam bentuk audio. Percakapan yang disajikan dalam audio menyimpan beberapa informasi yang berhubungan dengan soal TOEFL. Sedangkan untuk tes IELTS, Anda akan disajikan informasi dalam bentuk audio pendek dan Anda akan menjawab soal yang disajikan secara langsung.

Nah itu tadi adalah sedikit penjelasan singkat mengenai perbedaan TOEFL dan IELTS. Semoga tidak bingung lagi mengenai perbedaan keduanya. Dengan mengikuti kedua tes tersebut beasiswa belajar ke luar negeri sudah semakin terbuka untuk Anda. Tetap semangat belajar ya !

Topic tags