Alasan dan penyebab kenapa Anda harus ikut tes TOEFL


Posts: 20
Topic starter
Joined: 3 years ago

Bahasa Inggris yang digunakan sebagai bahasa internasional, memang sudah sepantasnya memiliki peran yang penting dalam dunia kerja maupun dunia perkuliahan. Perannya ini dapat terlihat jelas dengan adanya nilai minimal TOEFL sebagai persyaratan diterima kerja atau kuliah. Apa itu TOEFL? Apakah Anda sudah pernah mendengarnya?, bagi Anda yang belum paham tentang TOEFL, jangan kuatir karena dalam tulisan ini akan saya bahas mengenai TOEFL.

TOEFL merupakan kata yang memiliki kepanjangan "Test of English as a Foreign Language" atau tes bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Tes jenis ini diorganisir oleh lembaga yang ada di Amerika serikat yang memiliki nama "ETS" atau Education Testing Service. Adanya TOEFL ini bukan tanpa alasan, dengan diberikannya tes TOEFL ini untuk dapat memastikan beberapa hal, diantaranya sebagai berikut:

  • Memastikan dapat memahami uraian kata dalam bahasa Inggris
  • Dapat menulis dengan menggunakan bahasa Inggris yang baik dan benar, terutama untuk mahasiswa kemampuan ini penting untuk membuat karya ilmiah
  • Dapat memahami buku-buku dengan menggunakan bahasa Inggris

Mulanya TOEFL tes ini digunakan bagi warga Negara yang bahasa ibunya tidak menggunakan bahasa Inggris, dan sebagai syarat diterimanya seseorang untuk menuntut ilmu ke negara-negara eropa. Bukan hanya sekedar melakukan tes saja, lebih dari itu, skor minimum hasil tes juga digunakan sebagai tolak ukur diterima atau tidaknya calon mahasiswa. Jumlah minimal ini ditentukan oleh masing-masing universitas yang ada di Eropa.

Hari ini TOEFL tidak hanya digunakan sebagai prasyarat bagi warga asing yang ingin menempuh pendidikan keluar negeri. Dijaman dengan persyaratan yang semakin ketat ini, TOEFL sangat berperan bahkan di Indonesia sendiri. Meskipun orang Indonesia asli dan ingin bekerja di Indonesia juga, nilai minimal TOEFL juga berlaku. Hal ini mengacu pada bahasa internasional yang berlaku saat ini.

Sebenarnya tes TOEFL ini tidak hanya digunakan sebagai syarat diterima kerja atau memasuki dunia kerja, pada saat ingin melanjutkan pendidikan S2 di dalam negeri atau diluar negeri juga diperlukan TOEFL. Apalagi jika Anda ingin mendaftar sebagai calon pegawai negeri sipil, tes ini sangat diperlukan sebagai salah satu persyaratannya.

Karena pentingnya peran dari TOEFL ini, tidak heran jika harga untuk dapat mengikuti tes ini terbilang cukup mahal. Dengan uang pembayaran yang lumayan ini, tidak berarti hasil TOEFL bisa digunakan untuk selamanya. Hasil TOEFL hanya berlaku dua tahun, dihitung dari mulai dikeluarkannya hasil tes.

Kemampuan Anda untuk dapat mengerjakan juga harus dilatih mulai dari sekarang. Hal ini sangat penting untuk bisa mengerjakan soal keika tes nantinya. Memang tidak semua orang bisa bahasa Inggris, namun semua orang dengan kepentingan seperti yang telah dijelaskan diatas harus melakukan tes TOEFL.

Dalam uraian sebelumnya telah disinggung bahwa skor atau nilai TOEFL memiliki hubungan terhadap kemampuan seseorang. Kemampuan ini tentunya adalah penguasaan bahasa Inggris seseorang. Ada suatu pengelompokan bagi penguasaan bahasa ingris, yang sering dikenal dengan tiga level yaitu elementary (tingkat dasar), intermediate (tingkat menengah), dan advance (tingkat mahir). Tiga tingkatan ini memiliki kisaran skor yang berbeda.

Para ahli bahasa sering mengelompokkan skor TOEFL menjadi empat level berdasarkan rentangan skornya, yaitu sebagai berikut:

  • Tingkat dasar atau elementary, denga kisaran skor 310 hingga 420
  • Tingkat menengah bawah atau low intermediate, dengan kisaran skor 420 hingga 480
  • Tingkat menengah atas atau high intermediate, dengan kisaran skor 480 hingga 520
  • Yang terakhir adalah tingkat mahir atau sering dikenal dengan istilah advance, pada tingkatan ini skor yang dicapai yaitu berkisar antara 525 hingga 677.

Setelah mengetahui beberapa tingkatan dari TOEFL ini, pasti Anda saat ini sudah mulai berpikir ingin berada pada tingkat keberapa. Yang jelas adalah Anda harus menguasai bahasa Inggris dengan bagus untuk bisa mendapatkan skor yang Anda inginkan. Disarankan untuk mengikuti kursus TOEFL atau membeli buku TOEFL sebelum melakukan tes. Karena sayang kan jika Anda sudah membayar mahal tapi Anda belum siap untuk melakukan tes. Apalagi jika Anda baru pertama kali mengikuti tes tersebut.

Secara rinci kegunaan tes TOEFL adalah sebagai berikut:

  • Beberapa lembaga perguruan tinggi menjadikan TOEFL sebagai persyaratan masuk dan atau sebagai persyaratan kelulusan. Jadi tidak akan bisa lulus seorang mahasiswa jika nilai TOEFLnya belum mencapai skor yang ditentukan, meskipun skripsi atau tugas akhinya sudah selesai.
  • Pada lembaga bahasa, tes ini digunakan sebagai tes evaluasi dan placement test. Dimana hasil dari tes bisa digunakan sebagai tolak ukur keberhasilan dalam mengajar.
  • Hasil TOEFL dapat digunakan sebagai persayaratan untuk mendapatkan beasiswa internasional, dan beasiswa yang dikeluarkan oleh lembaga pemerintah seperti beasiswa yang dikeluarkan oleh kementrian komunikasi dan informasi.
  • TOEFL menjadi bagian dari program pemerintah, bidang pendidikan, pelatihan dan pengembangan karir
  • Digunakan sebagai syarat diterima kerja pada sebuah lembaga atau perusahaan

Karena pentingnya dari peran TOEFL ini, maka Anda harus mempersiapkan dari sekarang. Jangan lupa untuk melaksanakan TOEFL pada lembaga yang resmi dan hasil TOEFLnya diakui oleh instansi atau perusahaan pemerintah dan swasta, serta diakui juga oleh lembaga perguruan tinggi. TOEFL yang diselenggarakan oleh tempat kursus Anda, bisa jadi tidak dapat digunakan sebagai pemenuhan syarat. Namun, kursus sangat penting untuk dapat melatih kemampuan berbahasa Inggris Anda.

Biasanya tes TOEFL dilaksanakan dalam empat tahap atau bagian, yaitu listening comprehension, grammar structure and written expression, reading comprehension dan writing. Saat ini lembaga ETS menyelenggarakan TOEFL ITP yaitu kepanjangan dari institusional testing programme. Pada TOEFL jenis ini evaluasi kemampuan berbahasa Inggris dilaksanakan pada tiga tahapan, antara lain sebagai berikut: listening comprehension, structure expression, reding comprehension.

Skor yang didapatkan yaitu berkisar antara 310 hingga 677. Nah TOEFL ITP ini adalah salah satu jenis tes yang digunakan oleh hampir seluruh universitas dan lembaga swasta yang ada di Indonesia. Jadi jangan sampai Anda salah melaksanakan TOEFL yang diakui.

Pelaksanaan TOEFL jenis ini yaitu harus pada institusi yang telah ditunjuk oleh IIEF Jakarta. Batas minimal untuk pelaksanaannya adalah 10 orang. Biaya yang dikeluarkan juga tergantung pada instansi yang ditunjuk sebagai tempat pelaksanaannya.

Disini kita bisa melihat betapa pentinya TOEFL, pengaruhnya untuk karir kedepan sangat besar. Bukan hal yang mudah untuk dapat mencapainya, butuh usaha dan kerja keras, serta modal yang cukup untuk mendapatkannya. Mungkin Anda bisa mempersiapkan mulai saat ini, agar nantinya ketika tiba-tiba dibutuhkan tidak bingung mencari. Hal ini mengingat bahwa tes tidak bisa dilakukan secara mendadak. Pastikan Anda hanya butuh sekali tes saja untuk bisa mendapatkan skor yang sudah ditentukan.

Topic tags