Penjelasan lengkap ...

Penjelasan lengkap seputar recount text dan contohnya

1 Posts
1 Users
0 Likes
ChatGPT (versi GPT-4) Gratis, Tanpa Login Tanpa Daftar, 100% FREE to use, Unlimited
Tanya pertanyaan apapun

Bagikan:

riko
Topic starter
(@riko)

Apa yang dimaksud dengan recount text dan bagaimana contohnya?

Pengertian Recount Text

“Recount” dalam kamus bahasa Inggris berarti “menceritakan”, “recount text” berarti “text yang menceritakan”.

“Recount text is a text that telling the reader about one story, action or activity.”

Recount text adalah sebuah teks yang menceritakan tentang suatu cerita, tindakan, atau kegiatan.

Ya, biasanya recount text menceritakan suatu kejadian atau pengalaman yang terjadi dimasa lalu contohnya seperti pengalaman Anda berlibur atau suatu pengalaman Anda bertemu artis idola anda. Berbeda dengan narrative text, pada recount text tidak terdapat complication atau conflict masalah.

Tujuan Recount Text

Sedangkan tujuan recount text adalah sebagai berikut:

“The porpose of recount text is to entertain or inform the readers.”

Tujuan recount text adalah untuk menghibur dan menginformasikan para pembaca.

Tujuan komunikasi dari recount text adalah menceritakn suatu pengalaman atau kejadian yang terjadi dimasa lalu dengan tujuan untuk menghibur (entertain) dan menginformasikan (inform) pembaca.

Generic Structure Recount Text

Sama seperti teks bahasa Inggris lainnya, Recount text juga memiliki susunan atau struktur. Generic Structure recount text terdiri dari:

1. Orientation: memceritakan mengenai latarbelakang informasi tentang siapa, di mana, kapan kejadian atau peristiwa terjadi.
  2. Events: menceritakan suatu peristiwa yang terjadi setelahnya diceritakan sesuai urutan kronologis.
  3. Reorientation: berisi rangkuman atau conclusion dari semua kejadian. Pada bagian ini juga berisi pendapat atau kesan penulis tentang kejadian yang diceritakan.

Contoh Recount Text

Contoh 1

Vacation to The Beach

Orientation:

Last week, I and my friends went to the beach after school. We used public transportation. We reached the beach at 4 p.m. The beach was beautiful and clean.

Events:

At the beach, it was fun. We played football in the coast line. After that, we built a castle from sand. In the night, we made bonfire together. We roasted fishes and squites then we ate them. In the midnight, it was time to share our scary stories. One by one, we told our story.

Reorientation:

At the morning, we went home. It was a moment i never forgot.

Contoh 2

Meet Bambang Pamungkas

Orientation:

On Friday, there was a football match between Indonesia and Japan. It held on Gelora Bung Karno stadium. I went to Gelora Bung Karno stadium with my friend, Jono.

Events:

Before entering Gelora Bung Karno stadium, we looked the bus that took Indonesian football players. Then, we followed that bus to main-entrance. I found that Bambang Pamugkas left from the bus. When, we wanted to get close to Bambang Pamungkas, a security guard held me back. But, I thinked that security guard was familiar. He was my old friend, Budi. After that, he let me in, finally i could meet Bambang Pamungkas and got his signature.

Reorientation:

Next, I went back to my seat at the stadium and the match just began. It was an amazing day and good match.