Rumus dan contoh pe...
 

Rumus dan contoh penggunaan kata "both" dalam kalimat bahasa Inggris


Posts: 39
Topic starter
Joined: 3 years ago

Bagaimana aturan dan contoh penggunaan kata "both" dalam kalimat bahasa Inggris?

Pengertian "both"

Kata both memiliki arti “ya kedua-duanya” dalam pilihan yang tersedia. Both selalu ditandai dengan konjungsi penghubung “and” atau “dan” yang terletak diantara dua noun atau adjective yang menjelaskan ide yang sama dalam sebuah kalimat. Contohnya:

  • This project will take both time and money. (Proyek ini akan menghabiskan baik waktu dan uang.)

Both dalam contoh kalimat diatas menjelaskan bahwa proyek itu akan menghabiskan dua hal, waktu dan uang. Bukan menghabiskan salah satunya, tetapi memang menghabiskan keduanya. Perhatikan keberadaan konjungsi penghubung “and” dalam contoh kalimat tersebut. Jika dalam satu kalimat, maka akan sering kita jumpai “both” bersanding dengan “and”.  Akan tetapi, jika dalam dua kalimat atau lebih yang masih menjelaskan satu ide yang sama, mungkin kita akan jarang menjumpai “and”. Contohnya:

  • Mr. Lambert has two daugthers. Both are currently studying in Australia. (Pak Lambert punya dua orang putri. Keduanya sekarang sedang kuliah di Australia.)

Rumus atau pola kaimat menggunakan kata both:

Both + plural noun

Berbeda dengan Either dan Neither, both selalu dianggap jamak atau plural. Jika diikuti noun, maka noun-nya harus dalam bentuk plural dan menggunakan auxiliary untuk kata benda jamak “are”.

Contoh:

  • I have visited Malaysia and Thailand. Both countries are wonderful. (Saya pernah berkunjung ke Malaysia dan Thailand. Kedua negara tersebut luar biasa.)
  • There are two paintings on the wall. I like both. (Di sana ada dua lukisan di dinding. Saya suka keduanya.
Topic tags
1 Reply
Posts: 5
Joined: 8 months ago

Thanks Cindy

Reply