Pengertian paraphra...
 

Pengertian paraphrasing dan contohnya dalam bahasa Inggris


Posts: 42
Topic starter
Joined: 3 years ago

Apa yang dimaksud dengan paraphrasing dalam bahasa Inggris dan bagaimana contohnya? Pada kesempatan di pagi yang cerah ini saya akan membahasnya untuk Anda.

Paraphrasing adalah merumuskan ide orang lain dengan kata-kata Anda sendiri. Untuk memparafrasekan sebuah sumber, Anda harus menulis ulang semua bagiannya tanpa mengubah arti dari teks aslinya.

Parafrase menjadi alternatif cara untuk  mengutip kalimat orang lain, di mana Anda menyalin kata-kata yang diucapkan oleh seseorang kemudian memberikan tanda kutip. Dalam penulisan akademis, parafrase umumnya lebih baik daripada mengutip secara langsung. Karena ini menunjukkan bahwa Anda sudah memahami sumbernya sehingga karya yang dibuat jadi lebih original.

Setiap kali memparafrase sebuah tulisan, sangat penting untuk mengutip sumber asalnya. Anda juga harus lebih berhati-hati dengan tidak menggunakan kata-kata yang mirip dengan tulisan aslinya. Jika tidak, ini bisa berisiko plagiarisme.

Tips mudah paraphrasing

Sebuah karya yang original bukan sesuatu yang mudah untuk dkbuat. Sehingga originalitas sangatlah mahal harganya. Namun ada kalanya, kita perlu mengutip kalimat atau tulisan dari sebuah sumber untuk memperkuat informasi yang disuguhkan.

Nah, agar tulisan baru bebas dari plagiarisme maka perlu dilakukan parafrase. Setidaknya ada lima cara mudah untuk memparafrase sebuah tulisan atau artikel agar menjadi sebuah karya baru yang bebas plagiarisme. Berikut diantaranya.

  • Bacalah bagian yang ingin diparafrade beberapa kali agar bisa lebih memahami artinya sepenuhnya
  • Catat konsep utama
  • Awali kalimat pertama dengan poin yang berbeda dari kalimat aslinya
  • Gunakan sinonim sebanyak mungkin
  • Ubah struktur kalimat asli menjadi kalimat baru dengan makna yang tidak jauh berbeda
  • Buat kalimat lebih panjang dengan, atau membuat kalimat yang panjang menjadi dua kalimat terpisah
  • Tulis versi Anda sendiri tanpa melihat sumber asli, gunakan
  • Selanjutnya bandingkan hasil parafrase yang Anda buat dengan bagian aslinya. Lalu buat sedikit penyesuaian pada frasa yang mungkin masih terlalu mirip dengan sumber aslinya
  • Jangan lupa kutip sumber di mana Anda mendapatkan ide tersebut

Contoh paraphrasing

Berikut beberapa contoh paraphrasing sebuah kalimat, diantaranya.

Contoh pertama:

Kalimat asli: Her life spanned years of incredible change for women as they gained more rights than ever before. (Hidupnya melewati tahun-tahun perubahan luar biasa bagi wanita karena mereka memperoleh lebih banyak hak daripada sebelumnya.)

Kalimat paraphrase: She lived through the era of women’s liberation. (Dia hidup melalui era kebebasan perempuan.)

Contoh kedua:

Kalimat asli: Giraffes like Hay and Acacia leaves, and they can consume more than 75 pounds of food a day. (Jerapah menyukai jerami dan daun akasia, serta mereka bisa mengkonsumsi makanan lebih dari 75 pounds dalam satu hari.)

Kalimat paraphrase: A giraffe can eat up to 75 pounds of hay and Acacia leaves daily. (Seekor jerapah bisa mengkonsumsi hingga lebih dari 75 pounds jerami dan daun akasia setiap hari.)

Contoh paraphrase sebuah paragraf

Kutipan asli:
But the hearing was about more than Facebook; it exposed a critical turning point as the power, sophistication and potential exploitation of technology outpaces what users, regulators or even its creators expected or seem prepared to handle” (Roose & Kang, 2018, para. 11).

(Namun sidang tersebut lebih dari sekedar Facebook, hal tersebut menunjukkan titik balik kritis sebagai sebuah kekuatan, kecanggihan, dan potensi eksploitasi teknologi melampaui apa yang diharapkan maupun ditangani baik pengguna, pembuat regulasi atau bahkan penciptanya. (Rose & Kang, 2018, para.11).)

Paraphrase:
The audience made it apparent that the expectations of user’s, creators and regulators have been rapidly eclipsed by technology in general, not only Facebook. Such technologies now extend beyond what these parties are able to manage, due to their immense influence, potential for exploitation and sophistication (Roose & Kang, 2018, para. 11).

(Audiens menunjukkan bahwa ekspektasi pengguna, pembuat, dan regulator telah dengan cepat dikalahkan oleh teknologi secara umum, bukan hanya Facebook. Teknologi semacam ink sekarang melampaui apa yang dapat dikelola oleh pihak-pihak terkait, karena pengaruhnya, potensi eksploitasi dan kecanggihannya yang sangat besar (Roose & Kang, 2018, para. 11).)

Perbedaan parafrase dan kutipan

Ketika menyelesaikan penelitian dan mencatat sumber makalah, biasanya akan memparafrase sebagian besar informasi penting yang ditemukan dibanding menuliskan kutipan secara langsung. Adalah sesuatu yang bijaksana untuk membatasi jumlah kutipan langsung di makalah karena beberapa hal, diantaranya.

Parafrase menunjukkan bahwa Anda memahami dengan jelas arti sebuah teks
Pemikiran Anda sendiri akan tetap dominan pada isi makalah Anda
Kutipan mengurangi keterbacaan pada tulisan yang dibuat
Meskipun demikian, bukan berarti quote atau kutipan tidak boleh dipergunakan. Hanya saja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan kutipan agar sesuai. Berikut beberapa hal diantaranya.

Kutipan memberikan definisi secara tepat
Menyebutkan sesuatu tentang bahasa atau gaya penulis
Memberikan bukti untuk mendukung argumen yang dituliskan
Memberikan kritik atau menganalisis klaim tertentu
Beda antara parafrase dan ringkasan

Parafrase merupakan penulisan ulang bagian tertentu dari hasil tulisan orang lain, jadi panjang tulisan kira-kira sama persis dengan kutipan asli dari sumber tulisan. Sementara, jika Anda mendeskripsikan suatu tulisan atau hasil penelitian baik sebagian maupun keseluruhan secara lengkap dengan isi yang lebih substansial, maka hal itu disebut ringkasan.

Ada perbedaan mencolok antara parafrase dan ringkasan. Namun, secara umum keduanya kerap disebut sebagai parafrase. Meskipun parafrase dan kutipan lebih sesuai jika Anda ingin fokus pada satu bagian artikel saja. Namun ringkasan juga jadi cara yang tak kalah menarik jika Anda merasa seluruh sumber tulisan relevan dan menarik.

Topic tags