Pengertian informat...
 

Pengertian informative paragraph bahasa Inggris beserta contohnya

1 Posts
1 Users
0 Likes
1 Views
Yola Destya
Posts: 88
Topic starter
(@yola)
Member
Joined: 4 years ago

Apa pengertian informative paragraph dalam bahasa Inggris serta bagaimana aturan, struktur, dan contohnya?

Pengertian

Informative paragraph (paragraf informatif) adalah paragraf yang memberi tahu, menjelaskan, mendefinisikan subjek yang lebih spesifik terhadap pembaca.

Struktur penulisan

Ada 3 bagian dari paragraf informative:

  1. The hook and topic sentence. Fungsinya agar menarik pembaca dan kalimat topik atau gagasan utama memberi tahu pembaca apa yang akan Anda tulis.
  2. The body untuk memberikan informasi yang dibutuhkan pembaca untuk memahami topik, seperti fakta, prosedur, dan contoh.
  3. Sebuah pernyataan penutup yakni pernyataan penutup merangkum informasi di dalam paragraf.

Cara penulisan

Berikut ini tahap-tahap penulisan informative paragraph bahasa Inggris:

  1. Tentukan topiknya Inti paragraf adalah untuk memberikan informasi baru kepada pembaca. Pilihan topiknya luas dan beragam.
  2. Tentukan subjek paragraf Anda Jika paraggraf adalah bagian dari esai yang lebih besar, subjeknya bergantung pada penempatannya dalam esai Anda
  3. Untuk membiarkan pembaca dalam bentuk kalimat topik Anda agar pembaca tahu isi paragraf Anda.
  4. Tulis tiga kalimat Untuk mendukung kalimat topik, Anda harus menulis tiga kalimat
  5. Tulis kalimat penutup untuk menggemakan sentimen yang diungkapkan dalam kalimat topik

Contoh Informative Paragraph

Berikut ini contoh informative paragraph beserta terjemahannya:

Did you know our country, America, is covered by forest? Our trees are one of our greatest natural resources. Two trees produce enough oxygen to support a family of four for a year. Ninety-five percent of homes in our country use lumber (wood) for construction. On average, Americans use approximately 750 pounds of paper products each year. Think of all the paper plates, cups, notebooks, and notebook paper! Even the sap from trees can be used to make syrup, chewing gum, and crayons. Here’s reminder to all that we need to protect and replenish our trees, one of our greatest natural resources.

Terjemahan:

Tahukah Anda bahwa negara kita, Amerika, ditutupi oleh hutan? Pohon kita adalah salah satu sumber daya alam terbesar kita. Dua pohon menghasilkan oksigen yang cukup untuk menghidupi keluarga beranggotakan empat orang selama setahun. Sembilan puluh lima persen rumah di negara kita menggunakan kayu (kayu) untuk konstruksi. Rata-rata, orang Amerika menggunakan sekitar 750 pon produk kertas setiap tahun. Pikirkan semua piring kertas, cangkir, buku catatan, dan kertas catatan! Bahkan getah dari pohon dapat digunakan untuk membuat sirup, permen karet, dan krayon. Inilah pengingat untuk semua yang kita butuhkan untuk melindungi dan mengisi kembali pohon kita, salah satu sumber daya alam terbesar kita.

Itu tadi penjelasan tentang pengertian informative paragraph dalam bahasa Inggris beserta aturan, struktur, dan contohnya.