Pengertian, fungsi,...
 

Pengertian, fungsi, dan contoh analytical exposition bahasa Inggris


Posts: 31
Topic starter
Joined: 3 years ago

Apa yang dimaksud dengan analytical exposition?

Exposition text dibagi menjadi dua yaitu hortatory exposition dan analytical exposition, sedikit membahas mengenai hortatory exposition, Hortatory exposition merupakan sebuah teks exposition yang berfungsi untuk membujuk atau meyakinkan pembaca terhadap suatu hal yang terjadi, Pada materi kali ini kita akan bergantian mengupas tuntas mengenai analytical exposition dalam bahasa Inggris.

Pengertian Analytical Exposition

Dalam bahasa Inggris, analytical exposition is a kind of text that present one side of the issue in a form of argument. Dengan kata lain, analytical exposition merupakan sebuah text tentang eksposisi yang memaparkan atau menjelaskan pendapat penulis akan suatu hal yang terjadi. Hal tersebut biasanya berupa fenomena atau issue hangat yang sedang terjadi dalam masyarakat.

Fungsi Analytical Exposition

Fungsi dari analytical exposition yaitu untuk meyakinkan pembaca atau pendengar bahwa tema yang diangkat menarik untuk di bahas melalui pendapat-pendapat yang dipaparkan.

Generic Structure Analytical Exposition

Sama dengan generic structure pada hortatory exposition, generic structure pada analytical exposition juga dibagi menjadi 3, sebagai berikut :

  • Thesis : Thesis berisi pengenalan atau pemaparan terhadap tema yang akan di bahas atu yang diangkat.
  • Argument : Argument atau pendapat yaitu berisi pendapat-pendapat yang mulai di paparkan oleh penulis terhadap isu yang siangkat tersebut.
  • Reiteration : Dengan kata lain reiteration merupakan kesimpulan, yaitu berupa penulisan kembali ide pokok, reiteration terletak pada akhir paragraf.

Karakteristik Anlytical Exposition

Karakteristik atau ciri dari analytical exposition yaitu :

  • Analytical exposition selalu memakai simple present tense
  • Banyak menggunakan conjunction (kata hubung)
  • Berisi argumen-argumen.
  • Banyak menggunakan kata-kata yang mengandung sebab akibat.

Contoh Analytical Exposition Dalam Kalimat

Why Should We Celebrate Mother’s Day

Statements Of Opinion

The mother is everything for us, when we were babies. Our lives depend on him. When we need help, we call the mother crying. The mother also protect us from danger and take care of ourselves. We must respect mother for several reasons.
 
Argument 1

First, we thank mom for all that he has done. Mothers are the ones that keep us when day and night. He also took care of us when we are sick. He always pray for us so that we always healthy. Mom always get up early to prepare breakfast.
 
Argument 2

Second, we need to apologise for any mistake we both realized and not realized. We‘ve probably been acting rude or impolite to mother applies.

Argument 3

Third, we must always thanks for having had a mother. Many people who had lost his mother. Mother’s day is a time to give gifts to the mom that we love.
 
Terjemahannya:

Mengapa Kita Harus Merayakan Hari Ibu

Pernyataan Pendapat

Ibu adalah segalanya bagi kita, ketika kita masih bayi. Kehidupan kita bergantung kepadanya. Saat kita memerlukan bantuan, kita menangis memanggil ibu. Ibu juga melindungi kita dari bahaya dan merawat diri kita. Kita harus menghormati ibu karena beberapa alasan.

Argumentasi 1

Pertama, kita berterima kasih kepada ibu atas semua yang telah ia lakukan. Ibu adalah orang yang menjaga kita ketika siang dan malam. Ia juga yang merawat kita ketika kita sakit. Ia selalu mendoakan kita agar kita selalu sehat. Ibu selalu bangun pagi untuk menyiapkan sarapan.

Argumentasi 2

Kedua, kita perlu meminta maaf untuk segala kesalahan kita baik yang disadari maupun yang tidak disadari. Kita mungkin pernah bertindak kasar atau berlaku tidak sopan kepada ibu.

Argumentasi 3

Ketiga, kita harus selalu mensyukuri karena telah memiliki ibu. Banyak orang yang telah kehilangan ibunya. Hari ibu merupakan waktu untuk memberikan hadiah kepada ibu yang kita cintai.