...

Contoh phrasal verb...
 

Contoh phrasal verb bahasa Inggris menggunakan kata 'ask'


Posts: 23
 eros
Topic starter
Member
Joined: 3 years ago

Bagaimana contoh phrasal verb bahasa Inggris menggunakan kata 'ask'?

Kata 'ask' bila kita terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia maka memiliki arti 'bertanya', 'meminta'. Bila digunakan dalam phrasal verb, maka makna kata 'ask; ini akan semakin luas lagi. Mungkin ada yang lupa tentang pengertian phrasal verb. Phrasal verb adalah kata kerja atau verb yang merupakan gabungan dari verb normal ditambah dengan adverb atau preposition sehingga membentuk suatu kata kerja baru.

Berikut ini contoh phrasal verb bahasa Inggris menggunakan kata 'ask' beserta dengan contoh kalimatnya. 

1. Ask around

Maknanya adalah bertanya kepada beberapa orang (banyak orang) untuk mendapat informasi saran ataupun kesimpulan dari sesuatu hal.

Contoh kalimat: We will visit Jogjakarta soon, so we are asking around for the best hotel there. (Kami akan segera ke Jogjakarta, jadi kami bertanya-tanya tentang hotel yang terbaik di sana.)

2. Ask for

Phrasal verb ask for bisa digunakan dalam dua bentuk sebagai berikut

a. Ask for (something), meminta sesuatu kepada seseorang.

Contoh kalimat: I would like to ask for your help. (Saya ingin meminta bantuan Anda.)

b. Ask for (someone), ingin bertemu, bertanya atau berbicara kepada seseorang.

Contoh kalimat: If I get lost, I will ask you for directions to your house. (Jika saya tersesat, saya akan bertanya kepadamu arah ke rumahmu.)

3. Ask (someone) out

Makna dari phrasal verb ask satu ini adalah mengundang seseorang ke suatu tempat. Bisa juga digunakan dengan bentuk Ask (someone) out for (something) yang berarti mengajak seseorang yang disukai ke suatu tempat untuk membuat hubungan yang lebih dekat.

Contoh kalimat: Ronald said he was going to ask me out to dinner. (Ronald berkata bahwa dia akan mengajakku malam malam.)

4. Ask after

Makna dari ask after adalah bertanya mengenai kabar atau keadaan seseorang.

Contoh kalimat: I met Aruna yesterday and she asked after you. (Saya bertemu dengan Aruna kemarin dan dia menanyakan kabarmu.)

Itu tadi contoh phrasal verb bahasa Inggris menggunakan kata 'ask'.

Topic tags