Contoh penggunaan berbagai tense untuk menyatakan kebiasaan sementara


Posts: 18
Topic starter
Active member
Joined: 3 years ago

Untuk menyatakan suatu kebiasaan yang sifatnya hanya berlangsung sementara, kita bisa menggunakan berbagai macam tense. Apa saja dan bagaimana contoh kalimatnya? Saya akan menjelaskannya untuk Anda.

Kita bisa menggunakan present continuous tense untuk menunjukkan kebiasaan sementara yang terjadi saat ini

Saat kita mulai belajar tenses, kita kemungkinan belajar bahwa kita menggunakan simple present untuk menunjukkan kebiasaan saat ini dan tindakan atau kegiatan yang sedang terjadi saat ini (masih berlangsung) dan itu benar, tapi kita juga bisa menggunakan present continuous tense untuk menunjukkan atau menyatakan kebiasaan yang sementara terjadi.

Contoh kalimat:

  • Usually I drive to school, but this semester I'm taking bus. (Present continuous menunjukkan kebiasaan yang bersifat temporer atau sementara. Kalimat tersebut menyatakan bahwa biasanya ia mengemudi untuk ke sekolah, tapi untuk sementara waktu ia tidak mengemudi untuk pergi ke sekolah namun memilih untuk menggunakan bus, kemungkinan ia akan kembali mengemudi ke sekolah suatu hari nanti.)
  • Because it's Lent, Maria, and Jorge are eating fish intead of meat. (Present continuous menunjukkan bahwa kebiasaan itu (makan ikan) adalah sementara. Kalimat menyatakan bahwa Maria dan Jorge akan mulai makan daging lagi saat prapaskah selesai.)
  • It's Ramadhan, so Suhaila and Ahmed are fasting every day from sunrise to sunset. (Present continuous tense menunjukkan bahwa kebiasaan ini (puasa) hanya bersifat sementara selama bulan Ramadhan saja. Suhaila dan Ahmed akan berhenti berpuasa saat Ramadhan berakhir.)

Penggunaan tense lainnya untuk menunjukkan kebiasaan sementara

Kita bisa menggunakan tense lainnya untuk menunjukkan kebiasaan sementara tapi tidak seperti present continuous, kita juga bisa menggunakan bentuk nonprogressive namun maknanya tetap sama.

Menggunakan simple past dan past continuous tense untuk menunjukkan kebiasaan sementara yang terjadi di masa lalu.

Contoh:

  • The week before his wedding, Ralph woke up every night in a cold sweat. (Seminggu sebelum pernikahannya, Ralph bangun setiap malam dengan keringat dingin.)
  • The week before his wedding, Ralph was waking up every night in a cold sweat. (Seminggu sebelum pernikahannya, Ralph bangun setiap malam dengan keringat dingin. )

Kedua kalimat di aats maknanya sama.

Menggunakan past perfect dan past perfect continuous untuk menunjukkan kebiasaan sementara yang terjadi sebelum sesuatu di masa lalu.

Contoh:

  • Vlad had practiced every day before his piano recital, so he played beautifully. (Vlad telah berlatih setiap hari sebelum resital pianonya, jadi dia bermain dengan indah.)
  • Vlad had been practicing every day before his piano recital, so he played beautifully. (Vlad telah berlatih setiap hari sebelum resital pianonya, jadi dia bermain dengan indah.)

Kedua kalimat di atas maknanya sama.

Menggunakan present perfect dan present perfect continuous untuk menunjukkan kebiasaan sementara yang dimulai di masa lalu dan masih berlangsung sampai sekarang.

Contoh:

  • John has gotten up at 4:30 every morning ever since he got that job at the bakery. (John bangun jam 4:30 setiap pagi sejak dia mendapat pekerjaan di toko roti itu.)
  • John has been getting up at 4:30 every morning ever since he got that job at the bakery. (John bangun jam 4:30 setiap pagi sejak dia mendapat pekerjaan di toko roti.)

Kedua kalimat di atas maknanya sama.

Menggunakan future tense dan future progressive untuk menunjukkan kebiasaan sementara yang terjadi di masa depen (future).

  • During finals week, I’ll grade papers every night until midnight. (Selama minggu terakhir, saya akan menilai makalah setiap malam sampai tengah malam.)
  • During finals week, I’ll be grading papers every night until midnight. (Selama minggu terakhir, saya akan menilai makalah setiap malam sampai tengah malam.)

Kedua kalimat di atas maknanya sama.

Menggunakan future perfect dan future perfect continuous untuk menunjukkan kebiasaan sementara yang akan terjadi sebelum sesuatu di masa depan.

Contoh:

  • When they finally pay off their mortgage, John and Marsha will have made a house payment every month for thirty years! (Ketika mereka akhirnya melunasi hipotek mereka, John dan Marsha akan membayar rumah setiap bulan selama tiga puluh tahun!)
  • When they finally pay off their mortgage, John and Marsha will have been making a house payment every month for thirty years! (Ketika mereka akhirnya melunasi hipotek mereka, John dan Marsha akan membayar rumah setiap bulan selama tiga puluh tahun!)

Kedua kalimat di atas maknanya sama.

Itu tadi beberapa contoh penggunaan tense untuk menunjukkan atau menyatakan kebiasaan yang berlangsung hanya sementara. Semoga bermanfaat.

Topic tags