...

Contoh narrative te...
 

Contoh narrative text bahasa Inggris tentang cerita Merpati dan Semut


Posts: 41
 lidwina
Topic starter
Member
Joined: 4 years ago

Saya termasuk orang yang sangat suka membaca narrative text. Karena narrative text dapat membuat saya menjadi terhibur dan saya juga dapat mengambil makna atau pesan moral yang ada dalam suatu narrative text. Apa itu narrative text? bagi teman-teman yang belum tahu, narrative text adalah cerita fiksi atau cerita karangan yang dibuat untuk menghibur pembaca. Narrative text biasanya kita jumpai dalam bentuk dongeng, cerita rakyat, maupun cerita fiksional lainnya.

Pada kesempatan ini saya ingin memberi contoh narrative text bahasa Inggris seputar dunia hewan atau binatang yang menurut saya sangat menarik yakni "The Dove and Ant" atau yang bila diterjemahkan dalam bahasa Indonesia adalah "Si Merpati dan Semut". Langsung saja, berikut ini ceritanya:

The Dove and Ant

One day in a hot season, There lived an ant that was seeking for some water. After walking around for a moment, he came to a water spring. To reach this place, he had to climb up a blade of grass. While making his way up, he slipped and fell down unintentionally into water.

He could have sunk if a dove up a nearby tree had not seen him. Seeing that the ant was in trouble, the dove quickly put off a leaf from a tree and dropped it immediately into the water near the struggling ant. Then the ant moved towards the leaf and climbed up there. Soon it carried him safely to dry ground.

Not longer after that moment, there was hunter nearby who was throwing out his net towards dove, hoping to trap it in this way.

Guessing what the hunter should do, the ant quickly bit him on the heel. Feeling the pain, the hunter dropped his net and the dove flew away quickly from this net.

The moral value: One good turn deserves another.

Terjemahannya:

Si Merpati dan Semut

Suatu hari di musim panas, hiduplah seekor semut yang sedang mencari air. Setelah berjalan-jalan sebentar, dia sampai di mata air. Untuk mencapai tempat ini, dia harus memanjat sehelai rumput. Saat berjalan ke atas, dia terpeleset dan jatuh secara tidak sengaja ke dalam air.

Dia bisa tenggelam jika seekor merpati di atas pohon di dekatnya tidak melihatnya. Melihat semut itu dalam kesulitan, merpati dengan cepat melepaskan sehelai daun dari pohon dan segera menjatuhkannya ke air di dekat semut yang sedang berjuang. Kemudian semut bergerak ke arah daun dan memanjat ke sana. Segera itu membawanya dengan aman ke tanah yang kering.

Tidak lama setelah itu, ada pemburu di dekatnya yang melemparkan jaringnya ke arah merpati, berharap bisa menjebaknya dengan cara ini.

Menebak apa yang harus dilakukan pemburu, semut dengan cepat menggigit tumitnya. Merasakan sakitnya, pemburu itu menjatuhkan jaringnya dan burung merpati terbang menjauh dengan cepat dari jaring ini.

Nilai moral: Seseorang harus melakukan perbuatan baik pada orang yang telah berbuat baik kepadanya.

Itu tadi contoh narrative text bahasa Inggris "The Dove and Ant", semoga bermanfaat.

Topic tags