Contoh kalimat baha...
 

Contoh kalimat bahasa Inggris menggunakan pola could have + past participle

1 Posts
1 Users
0 Likes
9 Views
rahayu
Posts: 13
Topic starter
(@rahayu)
Member
Joined: 4 years ago

Kalimat bahasa Inggris dengan pola could have + past participle biasanya digunakan untuk menerangkan tentang kemungkinan yang dapat dilakukan seseorang pada masa lalu tetapi pada saat itu ia tidak melakukannya atau tebakan/dugaan tentang sesuatu yang akan terjadi dimasa lalu.

Penggunaan 1

Berikut ini beberapa contoh kalimat dengan pola could have yang diikuti dengan past participle.

Contoh kalimat:

  • I could have bought the book but I decided to save my money. (Saya memiliki cukup uang untuk membeli buku (di masa lalu) tetapi saya tidak membelinya.)
  • I could have stayed up late last night but I did not because I wanted to do my homework. (Semalam saya bisa saja begadang tetapi saya tidak begadang.)
  • He could have worked harder but he did not want to exhaust his energy so that he was fired. (Dia bisa/mampu bekerja tapi dia memilih untuk tidak bekerja keras.)
  • I could have finished my college this year but I wanted to focus on my work. (Saya mampu/bisa menyelesaikan kuliah saya, tapi tidak saya lakukan karena saya memilih bekerja.)

Penggunaan 2

Could have + past participle juga digunakan untuk menebak sesuatu yang terjadi di masa lalu. Dalam kasus ini, pembicara dalam posisi tidak menegtahui apakah yang ia katakan itu benar atau tidak - ia hanya sekadar berbicara tentang pendapatnya tentang apa yang mungkin terjadi. Berikut beberapa contohnya.

Contoh kalimat:

  • Andi did not come tho the class yesterday. He could have overslept. (Andi tidak masuk kelas kemarin. Mungkin dia tertidur.)

Penggunaan 3

Selain could have + past participle, terdapat pula variasi couldn’t have + past participle yang digunakan untuk menjelaskan sesuatu yang tidak mungkin dilakukan di masa lalu, bahkan jika anda ingin melakukannya. Berikut beberapa contohnya.

Contoh kalimat:

  • I could not have met him. His plane had flight before I came. (Saya tidak mungkin bisa menemuinya lagi saat itu.)
  • I could not have bought the book because it had been sold out. (Saya tidak mungkin lagi bisa membeli buku tersebut karena sudah habis terjual.)
  • I could not have submitted my homework. The deadline was yesterday. (Saya tidak mungkin lagi bisa mengumpulkan tugas karena tenggatnya kemarin.)

Demikianlah pembahasan tentang penggunaan could have + past participle, semoga bermanfaat.