Contoh kalimat baha...
 

Contoh kalimat bahasa Inggris menggunakan descriptive adjective

1 Posts
1 Users
0 Likes
1 Views
caca
Posts: 38
 caca
Topic starter
(@caca)
Member
Joined: 2 years ago

Apa pengertian descriptive adjective, apa saja jenisnya, dan bagaimana contoh kalimatnya?

Pengertian

Descriptive adjective adalah kata sifat yang digunakan untuk mendeskripsikan seseorang, benda, atau hewan dengan memodifikasi noun (kata benda) atau pronoun (kata ganti). Descriptive adjective merupakan kata sifat yang menjelaskan kualitas dari suatu benda dan menjelaskan kondisi kata benda secara rinci dan detail. Descriptive adjective terletak sebelum noun atau apapun yang hendak digambarkannya.

Fungsi descriptive adjective

Fungsi dari descriptive adjective adalah menerangkan noun yang ada dan dapat digunakan pada semua jenis noun baik itu tunggal maupun jamak. Descriptive adjective hanya menjelaskan sesuatu yang dapat dilihat, dirasakan, didengar, dicium, atau disentuh oleh panca indra.

Descriptive adjective dibedakan menjadi dua, yaitu bad dan good descriptive adjective. Good adjective menjelaskan noun dengan sisi positif, kelebihan, atau kebaikan dari suatu noun. Sedangkan bad descriptive adjective menjelaskan kebalikannya yaitu menjelaskan secara negarif, buruk, atau jelek. Contohnya:

  1. Delia is the person we know who will probably become successful. (Delia adalah orang yang kita kenal yang mungkin akan sukses.) - good descriptive adjective
  2. He is an arrogant man, He thinks he’s the best. (Dia adalah pria yang sombong, Dia pikir dia yang terbaik.) - bad descriptive adjective

Jenis dan contoh penggunaaan descriptive adjective

Ada 3 jenis descriptive adjective yang dikenal dalam Bahasa Inggris. Kali ini kita akan membahasnya bersama dengan contoh penggunaanya. Jenis descriptive adjective yaitu:

1. Simple adjective

Simple adjective adalah  tipe dasar dari descriptive adjective. Simple adjective hanya menyampaikan ciri-ciri, sifat, atau karakter suatu noun. Descriptive adjective dapat dikelompokkan berdasarkan karakter, sifat, atau ciri-cirinya. Contohnya:

a. Personality (Descriptive adjective yang menggambarkan kepribadian suatu noun) seperti: Diligent, ambitious, aggressive, mad, cruel, brave, dan lain-lain. Contohnya:

  • He is the most diligent boy I ever met. (Dia adalah anak laki-laki paling rajin yang pernah saya temui.)
  • Chika is brave to love you. (Chika berani untuk mencintaimu.)

b. Appearance (Descriptive adjective yang menggambarkan penampilan dari suatu noun) seperti: Beautiful, ugly, dull, elegant, handsome, dan lain-lain. Contohnya:

  • She is the most beautiful girl in my life. (Dia adalah gadis tercantik dalam hidupku.)
  • He was tall and elegant. (Dia tinggi dan elegan.)

c. Feelings (Descriptive adjective yang memaparkan perasaan dari suatu noun) seperti: Angry, afraid, calm, happy, sad, comfortable, dan lain-lain. Contohnya:

  • He is angry with me because I refuse him to dinner. (Dia marah dengan saya karena saya menolaknya untuk makan malam.)
  • The ocean was calm while we are sailing to Samosir Island. (Lautan tenang saat kami berlayar menuju Pulau Samosir.)

d. Sound (Descriptive adjective yang menjelaskan tentang suara dari suatu noun) seperti: Loud, silent, melancholic, whispering, dan lain-lain. Contohnya:

  • He was too loud, too proud, causing problems with the family. (Dia terlalu keras, terlalu sombong, menyebabkan masalah dengan keluarga.)
  • Ferdinand was by temperament melancholic, shy and distrustful of his own abilities. (Ferdinand adalah dengan temperamen melankolis, pemalu dan tidak percaya pada kemampuannya sendiri.)

e. Taste (Descriptive adjective yang menjelaskan tentang rasa dari suatu noun) seperti: Delicious, bitter, hot, fresh, cold, spicy, sweet, dan lain-lain. Contohnya:

  • Children always like sweet candy.  (Anak-anak selalu menyukai permen yang manis.)
  • Sambal is the kind of spicy food. (Sambal adalah jenis makanan pedas.)

f. Colour (Descriptive adjective yang menjelaskan tentang warna dari suatu noun) seperti: Red, orange, yellow, light green, dark blue, dan lain-lain. Contohnya:

  • A beautiful pink plastic ornament. (Ornamen plastik merah muda yang indah.)
  • I bought a pair of black leather shoes. (Saya membeli sepasang sepatu kulit hitam.)

2. Compound adjective

Compound adjective adalah dua kata sifat deskriptif yang digabungkan. Meskipun terdiri dari dua kata, fungsi dari compound adjective ini tetap menerangkan suatu noun sebagai single adjective. Biasanya ia menggunakan tanda “-“  dalam menggabungkan kedua katanya. Contohnya:

  • The boy’s well-being is my responsibility.  (Kesejahteraan anak itu adalah tanggung jawab saya.)
  • He has a short-temper and usually scolds Manaka for her mistakes. (Dia memiliki temperamen yang mudah marah dan biasanya memarahi Manaka atas kesalahannya.)
  • How sweet. The broken-hearted teenager fighting for his girl. (Betapa manisnya. Remaja yang 'patah hati' berjuang untuk gadisnya.)

3. Proper adjective

Proper adjective berasal dari proper noun yang ditambah -n pada ujung katanya sehingga menjadi adjective. Misal seperti Indonesian. Indonesia sendiri adalah bentuk dari proper noun. Namun, dengan ditambahkan –n di ujung katanya, bentuknya berubah menjadi adjective. Contohnya:

  • We love Indonesian people. (Kami mencintai orang Indonesia.)
  • Why is Belgian chocolate so famous? (Mengapa cokelat Belgia begitu terkenal?)
  • Sushi is an Asian player. (Sushi adalah pemain Asia.)

Itu tadi penjelasan tentang pengertian descriptive adjective beserta contoh dan penggunaannya dalam kalimat.