...

Contoh explanation ...
 

Contoh explanation text bahasa Inggris tentang proses terjadinya musim


Posts: 9
 manopo
Topic starter
Member
Joined: 2 years ago

Indonesia merupakan negara beriklim tropis yang memiliki dua musim yaitu musim hujan dan musim kemarau. Berbeda dengan Indonesia, negara-negara di benua Eropa, negara benua Amerika bagian utara seperti Amerika Serikat dan Kanada, serta negara benua Asia Utara seperti Jepang dan Korea (Utara dan Selatan) memiliki empat musim yakni musim semi, panas, gugur, dan dingin atau yang dalam bahasa Inggris disebut dengan spring, summer, fall, dan winter.

Bagaimana sebenarnya musim itu terjadi? Saya akan memberikan contoh explanation text tentang proses terjadinya atau terbentuknya musim.

Langsung saja berikut ini contoh explanation text bahasa Inggris mengenai proses terjadinya musim beserta dengan terjemahannya:

How do seasons happen?

Seasons come to us regularly. We have probably noticed that it gets warmer in summer or dry season while it get colder in the winter or wet season. However do we know how these seasons change?

Seasons happen and change every year. This happens because the earth tilts back and forth as it goes around the sun. During the summer, the earth tilts toward the sun. It makes half of the earth hotter. this condition is what we call summer. During the other half of the year, the earth tilts away from the sun. As a result, it makes that half of the earth cooler. This cool condition is then what we call winter.

The different parts of the world have the same season at different times. In the northern half of the world , winter happens during the months of December, January and February. The regions are such North America and Europe. In the other hand, the southern half of the world have winter during the months of June, July and August.The regions are like South America and Australia. How does this difference happen? The same season happens at different times because the top and bottom halves of the earth tilt away from the sun at different times.

Terjemahan:

Bagaimana musim terjadi?

Musim datang kepada kita secara teratur. Kami mungkin melihat bahwa hal itu akan lebih hangat di musim panas atau musim kering sementara itu lebih dingin di musim dingin atau musim hujan. Namun kita tahu bagaimana perubahan musim?

Musim terjadi dan berubah setiap tahun. Hal ini terjadi karena bumi miring maju mundur seperti berputar mengelilingi matahari. Selama musim panas, bumi miring ke arah matahari. Itu membuat setengah dari bumi lebih panas. kondisi ini adalah apa yang kita sebut musim panas. Selama setengah lainnya tahun, bumi miring menjauh dari matahari. Akibatnya, itu membuat bahwa setengah dari pendingin bumi. Kondisi dingin kemudian apa yang kita sebut musim dingin.

Bagian-bagian yang berbeda dari dunia memiliki musim yang sama pada waktu yang berbeda. Di bagian utara dunia, musim dingin yang terjadi selama bulan Desember, Januari dan Februari. Daerah adalah seperti Amerika Utara dan Eropa. Di sisi lain, bagian selatan dunia memiliki musim dingin selama bulan Juni, Juli dan August.The daerah seperti Amerika Selatan dan Australia. Bagaimana perbedaan ini terjadi? Musim yang sama terjadi pada waktu yang berbeda karena bagian atas dan bawah bumi miring menjauh dari matahari pada waktu yang berbeda.

Itu tadi contoh explanation text bahasa Inggris tentang proses terjadinya musim, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita.