Cara memesan kopi d...
 

Cara memesan kopi di coffee shop dengan bahasa Inggris


Posts: 31
Topic starter
Joined: 3 years ago

Setelah sebelumnya saya memberikan contoh quote bahasa Inggris seputar kopi, maka kali ini saya ingin memberikan contoh bagaimana caranya memesan kopi di coffee shop (kedai kopi) menggunakan kalimat bahasa Inggris. Karena saya adalah salah satu penyuka kopi, maka saya suka menulis segala hal yang berkaitan dengan kopi, termasuk cara order kopi menggunakan bahasa Inggris. Siapa tahu nanti Anda berkunjung ke luar negeri dan ingin mampir di coffee shop setempat.

Jika kita memesan kopi di coffee shop maka kita harus mengetahui terlebih dahulu kopi seperti apa yang ingin kita pesan. Sebab jangan sampai salah karena nanti ternyata setelah selesai dibuat, kita tidak begitu cocok dengan rasanya. Oleh sebab itu semoga tulisan ini dapat menambah wawasan kita semua tentang kopi.

Lantas bagaimana cara order atau memesan kopi di coffee shop menggunakan bahasa Inggris?

Cara memesan kopi dalam bahasa Inggris

Sebelum anda ingin memesan kopi di coffee shop ketika mungkin ada berada di luar negeri atau mungkin berada di tempat yang mayoritas banyak orang asingnya maka tentu saja anda harus menggunakan Bahasa Inggris bukan? Jangan sampai ketika sudah ada di depan kasir dan ingin mengatakan pesanan anda pada pelayan anda malah kebingungan. Kali ini kami akan membantu anda dengan menyusun langkah-langkah penting atau membantu memberikan frasa dalam Bahasa Inggris yang bisa anda gunakan untuk memesan kopi dalam Bahasa Inggris. Berikut adalah langkah-langkanya :

Tell the menu you want (Katakan menu yang anda inginkan)

Langkah pertama yang harus anda lakukan ketika anda tiba di coffee shop adalah anda harus melihat menu coffee shop tersebut, setelah itu anda harus segera memutuskan untuk memesan minuman atau makanan apa. Setelah anda sudah memutuskan ingin makan atau minum apa disana, anda bisa langsung pergi ke konter atau biasanya pergi ke kasir untuk mengatakan apa yang anda inginkan. Biasanya pekerja akan menyambut anda dan mengatakan sesuatu seperti “What do you like to order? (Anda mau apa untuk pesanan anda?) atau mungkin “Anything I can help you?” (ada yang bisa saya bantu untuk anda?) Anda kemudian dapat menanggapi pelayan tersebut dengan mengatakan beberapa kalimat berikut ini :

  • I would like a cup of (your order)
  • I would like a (your order)

Anda bisa mengatakan kepada mereka menu yang anda inginkan. Misalnya saja anda ingin memesan secangkir kopi coklat maka anda bisa mengatakannya seperti ini :

  • I would like a cup of chocolate coffeee ice please (Aku ingin satu cangkir es kopi coklat)

Anda bisa mengganti nama menu frasa di atas dengan nama pesanan anda. Lalu bagaimana jika anda ingin memesan makanan dan juga minuman sekaligus? Maka anda tidak perlu bingung karena anda bisa mengatakannya seperti ini :

  • I would like a cup of chocolate coffeee ice and one egg sandwich please (Aku ingin satu cangkir es kopi coklat dan satu sandwich telur)

Pastikan bahwa setelah anda memutuskan untuk ingin pesan sesuatu anda langsung memesannya dan tidak terlalu lama berdiri di depan kasir atau depan konter karena tentu saja itu bisa membuat antrean jadi panjang.

Tell the size you want (Katakan ukuran yang anda inginkan)

Setelah anda mengucapkan kepada pelayan apa yang anda inginkan, maka langkah kedua ketika anda ingin memesan kopi menggunakan Bahasa Inggris dengan lancar adalah mengatakan ukuran kopi yang anda inginkan. Namun hal ini tergantung jenis coffee shop yang anda kunjungi ya. Ada coffee shop yang punya berbagai jenis ukuran untuk kopi atau minuman mereka, namun ada juga coffee shop yang hanya punya 1 ukuran saja untuk minuman mereka. Jadi untuk memastikannya maka anda bisa bertanya kepada pelayan atau mungkin menunggu pelayan bertanya kepada anda. Jika kemudian ternyata coffee shop itu memiliki beberapa jenis ukuran kopi maka anda bisa memilih ukuran yang anda inginkan.

Normalnya beberapa coffee shop memiliki beberapa ukuran atau size yaitu small (kecil), medium (sedang), dan large (besar). Kemudian beberapa coffee shop seperti Starbuck menyebut ukuran mereka dengan sebutan khusus seperti large dikenal sebagai tall (besar), grande (sedang), dan venti (kecil). Jadi sebelum memesan kopi dalam Bahasa Inggris maka anda harus mempelajarinya terlebih dulu apakah disana menjual kopi berbagai ukuran atau hanya 1 ukuran saja?

Berikut adalah bagaimana anda mengungkapkan kepada pelayan mengenai ukuran pesanan anda:

  • I would like a cup of chocolate coffeee ice please, for medium size (Aku ingin satu cangkir es kopi coklat, untuk ukuran yang sedang)

Dengan begitu maka pelayan coffee shop akan mencatat pesanan anda dengan ukuran yang sesuai anda inginkan.

Tell the coffeee type that you want (Katakan jenis atau tipe kopi yang anda inginkan)

Untuk memesan kopi di coffee shop, setelah anda mengatakan apa yang anda inginkan dan bagaimana ukuran yang anda inginkan maka selanjutnya yang harus anda katakan adalah jenis kopi yang anda inginkan. Jika anda belum mengetahui, ada beberapa jenis atau tipe kopi yang umumnya dijual di coffee shop. Berikut adalah beberapa jenis atau tipe kopi yang umumnya dijual di beberapa coffee shop :

  • Espresso : kopi hitam kental tanpa susu yang biasanya rasanya pahit
  • Latte : kopi hitam dan steamed milk
  • Cappucino : jenis kopi yang paling umum dan disukai banyak orang yang dilengkapi dengan steamed milk dan buih susu di atasnya
  • Mocha : jenis kopi yang disajikan dengan steamed milk dan sirup coklat

Itu adalah beberapa jenis kopi yang umumnya ada di coffee shop, jika anda suka yang pahit maka anda bisa memilih espresso. Namun jika anda ingin lebih pahit lagi maka anda bisa mengucapkan double esspreso kepada pelayan.

Berikut adalah bagaimana anda mengucapkan jenis kopi yang anda inginkan menggunakan Bahasa Inggris :

  • I would like a large mocha latte (Aku ingin memesan 1 mocha latte ukuran besar)

Tell any extras you want (Katakan tambahan yang anda inginkan)

Langkah keempat untuk memesan kopi menggunakan Bahasa Inggris selanjutnya adalah dengan mengatakan tambahan apa yang anda inginkan. Biasanya setelah anda menyebutkan jenis menu yang anda inginkan atau mengatakan ukuran kopi dan 3 hal yang sudah kami sebutkan di atas tadi maka kemudian pelayan akan bertanya kepada anda, apakah ada tambahan yang anda inginkan untuk pesanan anda atau tidak? Atau bahkan biasanya pihak coffeeeshop akan menanyakan apakah anda menginginkan tambahan seperti ice cream atau yang lainnya mungkin.

Jika misalnya saja anda ingin menambahkan gula atau mungkin ingin menambahkan es pada minuman anda maka anda bisa mengatakannya kepada pelayan bahwa anda menginginkan itu dengan contoh seperti ini :

  • Please add more sugar to my drink (Tolong tambahkan gula pada minuman saya)
  • Please add lots of ice cubes to my drink (Tolong tambahkan banyak es batu pada minuman saya)

Atau mungkin anda menginginkan topping tambahan pada minuman anda karena ada beberapa minuman yang bisa ditambahkan topping seperti misalnya es krim, atau mungkin topping caramel atau boba. Anda bisa bertanya kepada pelayan coffee shop topping apa yang bisa ditambahkan ke minuman anda dan berapa biaya tambahannya karena biasanya ada biaya tambahan yang diperlukan jika anda memang menambahkan topping.

Contoh percakapan order kopi di coffeee shop menggunakan bahasa Inggris

Jika tadi kita sudah memberikan informasi kepada anda terkait bagaimana langkah-langkah untuk memesan kopi menggunakan Bahasa Inggris di coffee shop. Pada kesempatan kali ini kami juga akan mengajak anda untuk tahu bagaimana contoh order kopi di coffeee shop menggunakan Bahasa Inggris. Berikut adalah contoh percakapakan atau dialog order kopi menggunakan bahasa Inggris :

Waiter : Are you ready to order sir? (Apakah anda siap untuk memesan pak?)

X : Yes (Ya)

Waiter : Would you like something to order sir? (Apa yang anda ingin pesan pak?)

X : I would like a cup of chocolate coffeee ice please, for medium size (Saya memesan secangkir es kopi coklat untuk ukuran sedang)

Waiter : Would you like normal sugar dan normal ice sir? (Apakah anda menyukai gula yang normal dan es yang normal pak?)

X : I’d like less sugar and more ice please (Saya suka gulanya yang sedikit dan es yang banyak)

Waiter : Okay sir, what do you want for the topping? (Baik pak, apa yang anda inginkan untuk topoping?)

X : Hmm, there is anything for the topping? (Hmm, ada apa saja untuk toppingnya?)

Waiter : For toppings we provide several types such as caramel sauce, chocolate sauce, chococips, whipped cream, and sprinkle sir. What do you want sir? (Untuk topingnya kami menyediakan berbagai jenis mulai dari saus karamel, saus coklat, chocochips, whipped cream, dan sprinkle. Apa yang anda inginkan pak?)

X : I choose whipped cream and caramel sauce please (Saya memilih whipped cream dan saus karamel)

Waiter : Okay sir, is there another order what you want? (Baik pak, apakah ada pesanan lain yang anda inginkan?)

X : and I want 2 slice red velvet cake (Dan saya ingin 2 slice kue red velvet)

Waiter : Okay, is that all sir? (Baik, cukup itu saja pak?)

X : yes (ya)

Waiter : Okay, I will repeated your order sir. A medium cup of chocolate coffee ice, less sugar and more ice cubes. For topping are whiped cream and caramel sauce and 2 slice of red velvet cake. (Baik saya akan mengulangi pesanan anda pak. 1 es kopi coklat ukuran medium, sedikit gula dan banyak es batu. Untuk toping whiped cream dan saus caramel serta 2 potong kue red velvet)

X : Right, thank you (Benar, terima kasih)

Waiter : You can pay at the cashier and we will deliver your order within 10 minutes, thanks for your oder sir. Have a nice day! (Anda dapat membayar di kasir pesanan anda dan kami akan mengantarkan pesanan anda dalam waktu 10 menit, terima kasih atas pesanan anda pak. Semoga hari anda menyenangkan!)

Sekian, semoga bermanfaat.