Cara membuat perban...
 

Cara membuat perbandingan dengan bahasa Inggris


Posts: 26
Topic starter
Joined: 3 years ago

Terkadang, membandingkan atau contrasting adalah hal yang diperlukan dalam interaksi sehari-hari, termasuk dalam bahasa Inggris. Situasinya pun bisa berbeda-beda mulai dari membandingkan jumlah, orang, kondisi, ide, dan masih banyak lagi.

Hal ini yang akan kita kulik mendalam pada artikel kali ini. Kita akan mencari tahu bagaimana cara membandingkan atau contrasting dalam bahasa Inggris. Tujuan dari contrasting adalah untuk membandingkan lebih dari satu elemen untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas dan detil.

Tentu saja, artinya kamu perlu menggunakan kata-kata yang tepat untuk mengekspresikan perbandingan ini. Lebih tepatnya, membandingkan adalah untuk menunjukkan bagaimana dua atau lebih dari benda tersebut berbeda. Tidak hanya benda, bisa juga hal yang tak kasat mata hingga orang.

Contoh kalimat

These three people are taller than others. (Ketiga orang itu paling tinggi dibandingkan dengan yang lain)
Only one person has blond hair. (Hanya satu orang yang berambut pirang)
Only one man has red hair. (Hanya satu orang pria yang berambut merah)
There are three women but only two men. (Ada tiga perempuan namun hanya ada dua pria)
Tentu saja, ada beberapa kata yang bisa digunakan untuk menunjukkan perbandingan, seperti:

  • As opposed to
  • But
  • More
  • Contrary to
  • Differ
  • Different from
  • Different than
  • However
  • On the other hand
  • Unlike

Kata-kata lain yang bisa menjadi conjunctions akan dijelaskan di bagian bawah artikel ini.

Format yang Berbeda

Ada beberapa format yang bisa digunakan ketika membandingkan hal, misalnya sebuah ide. Jika hanya ada dua elemen yang dibandingkan, maka yang digunakan adalah format comparative. Sementara jika berisikan tiga atau lebih, maka gunakan superlative.

Contoh format comparative

Employment issues are more important than political problems at this point in time. Job training is more critical to sustained well being than food stamps and other welfare programs. Politicians are more worried about reelection than truly improving the economy.

Terjemahan:

Isu pengangguran adalah hal yang lebih penting daripada masalah politik saat ini. Pelatihan lapangan pekerjaan adalah hal yang kritis untuk keberlanjutan umat manusia dibandingkan dengan masalah makanan atau kesejahteraan lainnya. Para politikus lebih memikirkan pemilihan dibandingkan dengan benar-benar memperbaiki perekonomian.

Contoh format superlative

Decication is the most important factor in success at University.
Opening my mind to new perspectives was the most rewarding part of my time at university.

Terjemahan:

Dedikasi adalah faktor terpenting untuk bisa sukses di universitas. Membuka pikiran pada perspektif baru adalah hal paling berharga selama di universitas.

Conjunctions

Untuk mempertegas saat sedang mengekspresikan perbandingan, perlu digunakan kata hubung atau conjunctions. Berikut ini beberapa yang bisa menunjukkan kondisi kontras:

Though, although, even though

“Although the initial cost will be high, we will eventually profit from the time spent. It’s important to remember that time is money even though many believe that money is more important.” (Meskipun biaya di awal akan tinggi, pada akhirnya kita akan diuntungkan seiring dengan berjalannya waktu. Penting juga untuk mengingat bahwa waktu adalah uang meskipun banyak yang percaya bahwa uang lebih penting)

However, nonetheless

“We need to improve the local infrastructure. However, we must also respect nature. The government should invest in job training programs. Nonetheless, these will be expensive.” (Kita perlu memperbaiki infrastruktur lokal. Bagaimanapun juga, kita perlu menghormati alam. Pemerintah seharusnya berinvestasi di program pelatihan pekerjaan. Meski demikian, tentu itu akan cukup mahal)

Despite, in spite of

“Despite the difficulty, students will soon see the benefit of this topic of study. The situation will improve in spite of the economy.” (Di luar kesulitan yang terjadi, murid akan segera melihat manfaat dari topik pelajaran ini. Situasi ini akan membaik terlepas dari perekonomiannya)

Contoh dalam Paragraf

Berikut ini sebuah contoh perbandingan antara bendera Amerika Serikat dengan bendera Inggris. Di dalam esai tersebut, ada beberapa kata yang mengindikasikan adanya perbandingan, seperti:

Contoh 1

The American Flag and the British Flag are similar in some ways. They have the same colors: blue, red, and white. They are also the same size. However, the American Flag differs from the British Flag because the American Flag has 50 stars. The American Flag has 13 red and white stripes and a blue square and stars in the corner. Contrary to the American Flag, the British Flag has a red cross on a white field with the Union Flag in the background.

Terjemahan:

Bendera Amerika Serikat dan Inggris punya persamaan di beberapa hal. Mereka punya warna yang sama: biru, merah, dan putih. Ukurannya pun sama. Bagaimanapun, bendera Amerika Serikat berbeda dengan bendera Inggris karena ada 50 bintang di dalamnya. Bendera Amerika serikat memiliki 13 garis merah dan putih, lengkap dengan persegi berwarna biru berisi bintang di bagian pojok. Berlawanan dengan bendera Amerika Serikat, bendera Inggris memiliki garis silang berwarna merah di bidang putih dengan Union Flag sebagai latarnya.

Contoh 2

Unlike time or money, desire is an unlimited resource. Think about it: In contrast to money which can run out, your desire for new experiences and ideas will never end. Whereas there is never enough time to do everything you want, your desire will always come up with something new and exciting.

Terjemahan:

Tidak seperti waktu atau uang, hasrat adalah hal yang tidak mengenal batas. Pikirkan saja: berlawanan dengan uang yang bisa habis, hasrat untuk pengalaman dan ide baru tidak akan pernah habis. Meskipun waktu tidak akan pernah cukup untuk melakukan apa yang diinginkan, hasrat akan terus datang dengan bentuk yang baru dan menarik.

Itu tadi rangkuman tentang cara membandingkan atau contrasting dengan bahasa Inggris. Ada format, kata hubung, dan cara penempatan dalam kalimat yang bisa digunakan. Semoga bermanfaat ya!