Aturan, fungsi, dan...
 

Aturan, fungsi, dan contoh penggunaan kata "neither" dalam kalimat bahasa Inggris


Posts: 14
Topic starter
Joined: 3 years ago

Pada tulisan sebelumnya saya telah membahas mengenai fungsi dan contoh kalimat menggunakan kata "either". Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai kata "neither". Apa fungsi dan arti kata neither ini dan bagaimana contoh penggunaannya dalam kalimat bahasa Inggris?

Pengertian "neither"

Neither memiliki arti atau makna “keduanya”, bedanya dengan either adalah neither digunakan dalam bentuk negatif atau tidak kedua-duanya dalam pilihan yang tersedia. Konjungsi “Neither” ini juga selalu bersanding dengan konjungsi “nor” yang bermakna “atau tidak” atau “maupun tidak” dalam satu kalimat.

Contoh kalimatnya:

  • That book is neither interesting nor accurate. (Buku itu tidak menarik maupun tidak akurat.)
  • Neither my mother nor my father is at home. (Baik ibu saya maupun ayah saya tidak ada di rumah.)

Pada contoh kalimat pertama, konjungsi “Neither” menjelaskan bahwa buku itu tidak menarik maupun tidak akurat. Pada contoh kalimat kedua,  “neither” menjelaskan bahwa ibu dan ayah keduanya tidak sedang berada di rumah. Perhatikan “nor” yang terletak diantara dua kata benda. “Nor” adalah konjungsi yang menghubungkan antara dua noun atau adjective dalam satu kalimat, yang bermakna “maupun tidak”. Akan tetapi, jika penggunaannya dalam dua kalimat atau lebih, maupun dalam dialog pendek yang masih memiliki satu ide yang sama, “nor” tidak selalu ditemukan.

Contoh kalimat:

Anna: Do you want to go to a library or a coffee shop? (Anna: Apakah kamu mau pergi ke perpustakaan atau ke warung kopi?)

Jenna: Neither. I want to stay at home. (Jenna: Tidak keduanya. Aku ingin di rumah saja.)

Topic tags
1 Reply
Posts: 10
Joined: 8 months ago

Thanks bintang

Reply