Aturan, fungsi, dan...
 

Aturan, fungsi, dan contoh kalimat menggunakan kata "either"


Posts: 14
Topic starter
Joined: 3 years ago

Apa fungsi dan arti atau makna kata "either" dalam bahasa Inggris dan bagaimana contoh penggunaannya dalam kalimat bahasa Inggris?

Kata either memiliki arti "keduanya" dalam bentuk pilihan positif. Konjungsi ini berfungsi untuk menggabungkan dua ide yang sama tetapi dalam bentuk pilihan. Konjungsi “Either” ini juga ditandai dengan adanya konjungsi “or” dalam kalimatnya, sehingga menyatakan pilihan, salah satu diantara dua pilihan, tetapi bermakna positif.

Contoh kalimatnya:

  • I will take either chemistry or physics next semester. (Saya akan mengambil antara Kimia atau Fisika semester depan.)

Pada contoh kalimat diatas, “either” menjelaskan kedua pilihan yang tersedia, dalam contoh diatas, mata pelajaran Kimia atau Fisika. Either menerangkan bahwa subjek akan mengambil salah satu dari kedua mata pelajaran tersebut di semester depan. Either selalu bersanding dengan konjungsi “or” yang berarti “atau”, baik dalam satu kalimat seperti diatas, maupun dalam sekumpulan kalimat yang masih menjelaskan ide  yang sama. Misalnya:

  • Would you like a cup of tea or coffee? You can have either. (Apakah Anda ingin memesan secangkir teh atau kopi? Anda bisa memilih salah satunya.)

Contoh di atas adalah dua kalimat yang masih memiliki satu ide yang sama. Either pada contoh diatas bermakna “salah satu diantara dua pilihan yang tersedia”, teh atau kopi.

Akan tetapi ada saatnya juga Either tidak menggunakan atau diikuti dengan “or”. Contohnya:

  • There are two paintings on the wall. I don’t like either. (Ada dua lukisan di dinding. Saya tidak suka salah satunya.)
Topic tags
1 Reply
Posts: 5
Joined: 1 year ago

thanks bintang

Reply